1. JAWA TENGAH
  2. WISATA

Tempat wisata eksotis di Jateng ini bikin Inna Kamarie klepek-klepek

" ...peninggalan kerajaan Majapahit di lereng Gunung Lawu di Kabupaten Karanganyar itu memiliki kesan eksotis dan mistis."

Inna Kamarie. ©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Jum'at, 18 Agustus 2017 17:36

Merdeka.com, Jawa Tengah - Penyanyi dan produser musik, Inna Kamarie mengatakan ada sejumlah destinasi wisata di Jawa Tengah yang selalu terngiang di memorinya. Sebab, penyanyi beraliran jazz ini ternyata mempunyai leluhur di Bumi Sukowati, Kabupaten Sragen.

"Saya ini aslinya Sragen, tapi lahir di Jakarta. Bapak asal Masaran, Ibu dari Sragen. Saya masih sering pulang kampung ke rumah eyang di Mojodoyong. Sragen totok asli saya," kata Nia, saat ditemui di acara jumpa pers 'Apresiasi Musik Kebangsaan' di Kota Solo, Jumat (18/8).

Perempuan yang memiliki nama lengkap Carolina Agustine Kamarie ini mengaku, suka dengan suasana alam pedesaan. Ia pun memiliki rekomendasi destinasi wisata di Jateng yang sangat cocok untuk mengobati rutinitas kesibukan kerja.

Destinasi wisata pertama favoritnya, kata dia, Candi Cetho. Menurutnya, candi bercorak Agama Hindhu peninggalan kerajaan Majapahit di lereng Gunung Lawu di Kabupaten Karanganyar itu memiliki kesan eksotis dan mistis.

"Apalagi kalau ada masyarakat sekitar yang sedang berdoa membawa kembang. Biasanya ke sana (Candi Cetho) sekaligus ke Tawangmangu. Lalu, gedung Lawang Sewu di Semarang, dan pemandian Umbul Cokro di Klaten. Pokoknya yang back to nature. Bikin fresh pikiran," kata mantan personel Dewi-Dewi itu.

Selain tempat berlibur, istri musisi Beben "Jazz" Supendi Mulayana ini juga merindukan makanan tradisi khas Solo. Ia menyebut sangat kesengsem Sambal Tumpang. Kuliner pedas berbahan dari tempe hampir busuk yang dicampur aneka bumbu, seperti cabai, bawang dan garam.

"Spesialnya orang Solo itu ngomongnya alon- alon, lembut. Nasi pecel mung rung ewu (harga nasi pecel hanya Rp 2.000). Selain itu juga suka kuliner Tengkleng yang ngalahin Tongseng," beber salah satu Lady Jazz Indonesia yang hari ini bertepatan ulang tahunnya ke 31 tahun.

Sebagai informasi, malam ini Inna Kamarie akan bermain satu panggung bersama Zarro DeVego, Fisip Meraung, Bengawan Symphony Orchestra (BSO), dan Olen Saddha dalam acara Apresiasi Musik Kebangsaan. Konser berlangsung di Benteng Vanstenberg Surakarta itu akan dimulai pukul 19.30 WIB dengan mengusung tema Jayalah Negeriku.

"Nanti malam saya akan menyumbangkan dua tembang lagu momentum kemerdekaan, yakni Indonesia Pusaka, dan Kopral Jono karya maestro Ismail Marzuki," imbuh Inna, yang pernah mengaransement ulang lagu legendaris milik Benyamien Sueb, Hujan Gerimis, dengan sentuhan jazzy.

(I) Laporan: Aditya Putra Wijaya
  1. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA