1. JAWA TENGAH
  2. WISATA

Tahun ini Pemkab Banyumas fokus kembangkan Desa Wisata

"Desa wisata harus memiliki ciri khas aktivitas maupun wahana yang berbeda antara satu dengan lainnya."

©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Senin, 09 Januari 2017 20:01

Merdeka.com, Jawa Tengah - Pemkab Banyumas tahun ini memprioritaskan pengembangan desa wisata. Setidaknya enam desa wisata yang sudah memiliki Kelompok Sadar Wisata akan mendapat perhatian khusus.

Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Suwondo Geni mengemukakan, Banyumas masih tertinggal dalam hal konsep pengembangan desa wisata apabila dibanding daerah lain.

"Soal pengunjungnya masih bisa dikejar," kata dia, Senin (9/1).

Menurut Suwondo, potensi desa wisata di Banyumas sebenarnya tidak kalah dengan kabupaten lain. Akan tetapi, pengembangannya masih belum terarah.

Di sisi lain, pemetaan potensi di desa juga belum tuntas dilakukan. Seharusnya, desa wisata harus memiliki ciri khas aktivitas maupun wahana yang berbeda antara satu dengan lainnya.

"Di sekitar Kecamatan Baturraden ya pasti menjual kegiatan yang berkaitan dengan alam, air dan seisinya. Di desa lain nanti bisa diarahkan menonjolkan karakteristik yang lain," katanya.

Adapun desa wisata yang mulai berkembang di Banyumas antara lain Desa Ketenger, Kemutug Lor dan Karangsalam di Kecamatan Baturraden. Desa lainnya yaitu Desa Melung di Kecamatan Kedungbanteng, Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen.

Suwondo mengakui, salah satu elemen penting pariwisata adalah biro perjalanan. Pihaknya berharap bisa mengembangkan kerjasama dengan para pelakunya. "Salah satu kunci yang bisa memasukkan wisatawan ya biro perjalanan. Kami akan segera berkoordinasi untuk pengembangan kerjasama," ucapnya.

(I)
  1. Pariwisata
  2. Banyumas
  3. Wisata Banyumas
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA