1. JAWA TENGAH
  2. WISATA

Penuh potensi, ini rencana Pemkot Semarang kembangkan Kampung Pelangi

"Konsepnya kita kasih kailnya bukan kasih ikannya. Dan kami yakin perkembangannya cukup signifikan."

Kampung Pelangi Semarang.. ©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Senin, 19 Juni 2017 14:50

Merdeka.com, Jawa Tengah - Semakin hari pengunjung Kampung Pelangi di Kelurahan Randusari, Kota Semarang, terus bertambah. Melihat antusiasme warga pada Kampung Pelangi tersebut, Pemerintah Kota Semarang akan memanfaatkan agar mampu meningkatkan perekonomian warga.

Pemkot Semarang melalui Dinas Koperasi dan UMKM akan mencairkan kredit Wirausaha Bangkit Jadi Jawara (Wibawa) yang akan dikelola oleh warga di Kampung Pelangi. Rencananya akan ada tiga jenis usaha yang akan dibantu permodalan melalui kredit Wibawa.

"Kepada Dinas Koperasi saya sudah perintahkan, ada tiga kredit Wibawa yang harus dicairkan di situ, masing-masing untuk handicraft, makan minum sama satu lagi gembok cinta, saya minta dibantu dengan kredit Wibawa," ujar Hendi, Senin (19/6).

Tiga usaha tersebut, nantinya akan menyasar para pengunjung Kampung Pelangi sebagai pembeli. Program ini juga bertujuan mengurangi angka pengangguran di Kampung yang dulu dikenal dengan Gunung Brintik tersebut.

"Konsepnya kita kasih kailnya bukan kasih ikannya. Dan kami yakin perkembangannya cukup signifikan sehingga mereka akan merawat juga bangunan yang sudah dicat secara swadaya," ucapnya.

Selain itu, bersama dengan Dinas Pariwisata juga akan dibentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kampung Pelangi. Kelompok ini akan menjadi motor penggerak pariwisata di sana.

"Saya sampaikan kepada temen-temen Dinas Koperasi dan juga pariwisata untuk membentuk Pokdarwis dan tiga kelompok UMKM. Kita minta mereka lebih kreatif melihat peluang tersebut," imbuhnya.

(I) Laporan: Jamal Abdun Nashr
  1. Pariwisata
  2. Kampung Tematik
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA