1. JAWA TENGAH
  2. WISATA

Meningkat 31,34 persen, ini data kunjungan wisman di Jateng

"pengembangan pariwisata itu mengenal konsep pentahelix. Konsep ini harus dipenuhi lima unsur, yakni akademisi, pelaku bisnis, komunitas, media."

Wisatawan mancanegara di Karimunjawa, salah satu destinasi andalan Jawa Tengah.. ©2017 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Jum'at, 17 November 2017 07:48

Merdeka.com, Jawa Tengah - Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Tengah meningkat selama tahun ini. Tercatat, wisman yang masuk melalui Bandara Ahmad Yani Semarang, hingga September 2017 mencapai 137.496 orang. Angka itu naik sekitar 31,34 persen dari jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun 2016.

"Jawa Tengah memiliki potensi besar untuk terus meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Jika melihat pertumbuhan kunjungan wisman itu, kami optimistis target 500.000 wisman pada 2025 di Jateng bis tercapai," ujar Direktur Pemasaran dan Pelayanan AP I, Moch. Ansori, saat menggelar jumpa pers sebelum acara Collaborative Destination Development (CDD) di Crowne Hotel, Semarang, Kamis (16/11).

Acara CDD itu digelar dalam rangka meningkatkan kerja sama antara pemangku kebijakan dengan pelaku pariwisata di Jateng. Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata dan Sumber Daya Manusia Disporapar Jateng, Trenggono, menyambut baik digelarnya CDD. Ia menilai pariwisata Jateng tak akan berjalan tanpa dukungan dari semua pihak, terutama pengelola bandara yang menjadi akses masuk wisatawan.

"Dalam pengembangan pariwisata itu mengenal konsep pentahelix. Konsep ini harus dipenuhi lima unsur, yakni akademisi, pelaku bisnis, komunitas, media, dan pemerintah. Tanpa kelima unsur ini, target wisatawan enggak pernah bisa tercapai. Jadi saya sangat mengapresiasi acara CDD ini," ujarnya.

Dia optimistis target kunjungan wisatawan tahun ini bisa terwujud. Untuk 2017, ditargetkan wisatawan domestik sebanyak 34,1 juta orang dan wisman 430 ribu orang. "Selain melalui Bandara Ahmad Yani, kami juga menerima kunjungan wisman dari jalur laut. Apalagi, saat ini Jateng punya sekitar 17 kapal pesiar untuk mendatangkan wisman," ungkapnya.

(I) Laporan: Dian Ade Permana
  1. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA