1. JAWA TENGAH
  2. WISATA

Lima hari, Lokawisata Baturraden raup Rp 1,1 miliar

"Libur lebaran kali ini bertepatan dengan libur sekolah. Jadi pengunjung lebih banyak yang datang dalam rombongan keluarga."

Pengunjung sesaki Lokawisata Baturraden pada masa libur lebaran.. ©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Sabtu, 01 Juli 2017 15:56

Merdeka.com, Jawa Tengah - Selama libur lebaran, Lokawisata Baturraden diserbu puluhan ribu pengunjung. Tercatat, objek wisata andalan Banyumas mampu meraup pendapatan Rp 1,1 milyar dalam waktu lima hari.

Kepala UPT Lokawisata Baturraden, Djoko Haryanto mengatakan, hingga H +5, objek wisata andalan Pemkab Banyumas tersebut dikunjungi 87.534 orang wisatawan. Sesuai prediksi puncak kunjungan wisatawan terjadi pada Rabu (28/6).

"Rabu (28/6) tertinggi. Pengunjungnya mencapai 24.877 orang. Berturut-turut, mulai Senin (26/7), ada 16.191 orang yang berlibur, Selasa (27/6) 22.161 orang wisatawan. Sementara Kamis (29/6) jumlah pengunjung sebanyak 21.021 orang," katanya, Sabtu (1/7).

Dia mengatakan, angka ini hampir menyentuh target yang dipatok Lokawisata Baturraden yaitu 100.000 wisatawan. Capaian tersebut bakal melewati perolehan pengunjung tahun lalu.

Menurut Djoko, dibandingkan tahun lalu, target pengunjung mampu dipenuhi selama dua pekan. Sedangkan tahun ini, target bisa dipenuhi dalam waktu sepekan saja.

"Libur lebaran kali ini bertepatan dengan libur sekolah. Jadi pengunjung lebih banyak yang datang dalam rombongan keluarga," ujarnya.

Djoko mengatakan, dari plat nomor yang tertera di parkir, wisatawan kebanyakan datang dari luar kota seperti Jakarta, Bandung, Ciamis dan beberapa daerah di Pantai Utara Jawa. Mereka memanfaatkan momentum libur panjang kali ini untuk berlibur bersama.

Menurut Djoko, dua buah wahana yang baru dibuka pekan lalu, yaitu ayunan "Swing Mountain" dan sepeda gantung mampu mencuri perhatian wisatawan.

"Itu cukup ramai, banyak yang rela antre sekadar berfoto selfi sembari naik sepeda gantung," kata dia, ketika ditanya tentang objek favorit pengunjung.

Salah seorang pengunjung, Angelina (23) mengaku sengaja berkunjung ke Lokawisata Baturraden saat berlibur di Purwokerto. Kegiatan ini dilakukan setiap tahun.

"Pulang mudik, belum lengkap kalau tidak liburan ke Baturraden," kata dia.

(I)
  1. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA