1. JAWA TENGAH
  2. WISATA

Libur lebaran ke Candi Prambanan yuk, ada wahana tambahan unik

"Harga tiket masuk Rp 40 ribu bagi pengunjung dewasa, sedangkan anak-anak Rp 20 ribu."

Candi Prambanan. ©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Rabu, 21 Juni 2017 02:54

Merdeka.com, Jawa Tengah - Memasuki libur lebaran, pengelola Candi Prambanan bakal menyajikan berbagai wahana tambahan. Uniknya, wahana tersebut mengajak para wisatawan untuk terlibat langsung.

Sejumlah wahana yang disiapkan oleh pengelola objek wisata Candi Prambanan tersebut sebagai jalan mengejar target jumlah pengunjung libur Lebaran tahun ini yang mencapai 196.250 wisatawan. Maka PT Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan telah menyiapkan sejumlah atraksi kesenian daerah.

General Manager PT Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Pujo Suwarno mengatakan, target 196.250 pengunjung itu dipatok selama sebelas hari libur lebaran, yakni mulai 22 Juni hingga 2 Juli 2017.

"Kalau libur lebaran tahun lalu sekitar 168 ribu lebih wisatawan. Sedangkan target tahun ini sekitar 190 ribu wisatawan atau naik 10 persen. Prediksi puncak keramaian pada H +2 hingga H +7," kata dia, Selasa (20/6).

Menurut Pujo, target jumlah pengunjung tersebut realistis dan optimis tercapai. Pasalnya, rata-rata pengunjung saat tanggal merah atau hari libur di kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia itu di atas 25 ribu wisatawan per hari.

"Harga tiket masuk Rp 40 ribu bagi pengunjung dewasa, sedangkan anak-anak Rp 20 ribu. Untuk pengujung hari biasa bisa mencapai 8.000 wisatawan. Sedangkan di bulan puasa ini di bawah 6.000 wisatawan. Kami optimis target tersebut bisa tercapai," ujarnya.

Guna menarik minat dan kenyamanan wisatawan, PT TWC Prambanan telah melakukan berbagai persiapan. Selama libur lebaran itu akan ada tambahan wahana hiburan dan atraksi kesenian daerah seperti kampung dolanan anak, seni keterampilan membatik kayu maupun kain, seni pahat batu, hingga lukis karikatur.

"Kami mengundang beberapa sekolah di Klaten untuk mengisi dan pentas musik dolanan anak. Selain itu juga ada wahana pameran edukasi arkeologi, pameran kebhinekaan, hingga pameran seni rupa berbagai patung yang berasal dari seniman di Jogja dan Jawa Tengah," papar Pujo.

(I) Laporan: Aditya Putra Wijaya
  1. Pariwisata
  2. Wisata Candi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA