1. JAWA TENGAH
  2. WISATA

Jadi kampung tematik, ini pengakuan warga Kampung Pelangi Semarang

"...mereka bertanggungjawab untuk tetap menjaga keunikan Kampung Pelangi."

©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Kamis, 07 Desember 2017 20:01

Merdeka.com, Jawa Tengah - Keberadaan Kampung Pelangi di Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, kini mulai dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat setempat. Terlebih dalam hal pendapatan ekonomi yang dihasilkan dari banyaknya pengunjung yang datang.

Semenjak digagas menjadi kampung tematik pelangi oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, setiap hari daerah yang dulunya dikenal dengan kampung berintik tersebut terus dibanjiri pengunjung yang datang.

Darti, salah satu warga penjual soto yang tinggal di Kampung Pelangi menyebutkan, setelah adanya Kampung Pelangi pendapatannya meningkat 80 persen menjadi Rp 500 ribu dari sebelumnya Rp 300 ribu.

"Dampaknya ada mas kampung pelangi ini. Pendapatan jualan meningkat dari datangnya pengunjung kesini," sebut Darti, Kamis (7/12).

Warga lain, Ani Prawoko juga mengaku, dengan adanya Kampung Pelangi ini ia dapat mendapat penghasilan tambahan dari berjualan minuman dan aneka makanan ringan. Di mana sebelumnya ia hanya ibu rumah tangga.

Dari usaha sampingannya tersebut, ia mengaku memperoleh pendapatan mampu mencapai Rp 600 ribu di hari biasa dan Rp 800 ribu saat akhir pekan atau musim liburan.

"Pendapatan yang didapat cukup besar saat awal Kampung Pelangi diresmikan dan dikunjungi banyak wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah. Tapi setelah Lebaran Juni kemarin jumlah pengunjung mulai .menurun Rata-rata sekarang per hari dapat Rp 150 ribu. Kalau akhir pekan bisa sampai Rp 300 ribu," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Masdiana Safitri menyebutkan, dibentuknya kampung tematik ini salah satunya adalah untuk memberdayakan warga untuk membangun daerah tempat tinggalnya.

"Dalam pengelolaannya, Disbudpar menyerahkan pada kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Sehingga diharapkan jika dikelola oleh warga sendiri, mereka bertanggungjawab untuk tetap menjaga keunikan Kampung Pelangi," jelasnya.

(I) Laporan: Jamal Abdun Nashr
  1. Pariwisata
  2. wisata semarang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA