1. JAWA TENGAH
  2. WISATA

Begini lho konsep smart city agar Boyolali mendunia

Oroundo merupakan aplikasi smartphone yang dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store.

Bupati Boyolali Seno Samudro menandatangani nota kesepakatan bersama dengan Direktur PT Oroundo Mobile Asia Klaus Windisch. ©2016 Merdeka.com Editor : Puji Utami | Selasa, 24 Januari 2017 10:34

Merdeka.com, Jawa Tengah - PT. Oroundo Mobile Asia dipercaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali untuk membangun aplikasi Smart City. Hal itu menyusul tanda tangan nota kesepakatan bersama antara Bupati Boyolali Seno Samudro dengan Direktur PT. Oroundo Mobile Asia Klaus Windisch di Ruang Merapi, Gedung Kantor Bupati Boyolali, kemarin.

Disela-sela kunjungan Duta Besar (Dubes) Austria untuk Indonesia, Helene Steinhäusl, Marketing & Sales Executives PT. Oroundo Mobile Asia Erlin Herliani mengatakan, Oroundo merupakan perusahaan digital tour guide yang berpusat di Austria. Berdasarkan salinan dua lembar memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangi, kedua belah pihak bersepakat untuk membangun Smart City di Kabupaten Boyolali. Nota kesepakatan bersama itu berlaku untuk jangka waktu enam bulan.

"Ini lebih ke silaturahmi dan tanda tangan kontrak project Smart City. Kita ingin menjadikan Boyolali smart city, khususnya dalam pendidikan, kebudayaan, dan juga pariwisata. Karena kami yakin ada banyak tempat wisata di Boyolali yang layak goes internasional," kata Erlin.

Dijelaskan, Oroundo merupakan aplikasi smartphone yang dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store untuk menginformasikan dan menavigasi pengunjung di lokasi wisata secara modern dan interaktif. Hanya dengan menyalakan bluetooth, pengunjung akan mendapatkan panduan dan gambaran lengkap berupa teks, audio, gambar, serta video, mengenai lokasi wisata yang dikunjungi.

Untuk di Indonesia, Erlin menyebutkan, Kebun Binatang Gembira Loka merupakan salah satu partner yang sudah menerapkan aplikasi Oroundo. "Jika sebuah sekolah mengirimkan murid - muridnya untuk study tour di museum, si siswa yang bersangkutan enggak usah mencatat. Karena semua sudah terangkum dalam aplikasi ini. Cukup melihat, dan menikmati isi museum saja. Begitu pula di Gembira Loka. Aplikasi ini secara otomatis memberikan deskripsi tentang beraneka satwa," sebutnya.

Ditambahkan, platform Oroundo sengaja dirancang untuk lebih mengangkat sisi heritage. Tujuannya agar pariwisata di Indonesia lebih mendunia. Sebab selama ini yang dikenal wisatawan mancanegara hanya Candi Borobudur dan Prambanan. Padahal, di Jogja, Solo, Semarang, dan kota-kota disekitarnya juga memiliki lokasi wisata yang tak kalah eksotisnya. "Selanjutnya akan kita inventarisasi semua tempat wisata yang ada di Boyolali untuk kita promosikan ke dunia dalam bentuk digital tour guide, including setiap event yang diadakan di Boyolali," tambah dia.

Di Indonesia sendiri, Oroundo berkantor di Jalan Parangtritis No 38 Yogyakarta. Mari didukung demi kemajuan Boyolali serta Jawa Tengah dan sekitarnya. 

(PU)
  1. Wisata Boyolali
  2. Ekbis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA