1. JAWA TENGAH
  2. WISATA

Ada kedekatan kultural, rombongan dari Tiongkok tiba lagi di Semarang

"Dibuktikan dari adanya bangunan peninggalan Laksamana Ceng Ho yang dikenal dengan Klenteng Sam Poo Kong."

Ilustrasi.. ©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Rabu, 12 Juli 2017 08:56

Merdeka.com, Jawa Tengah - Dunia wisata Kota Semarang kembali menarik hati dari wisatawan mancanegara. Setelah sebelumnya dari Kota Split Kroasia, Kota Ulsan Korea Selatan dan Nanjing Tiongkok, kali ini giliran delegasi dari Kota Jianyang Tiongkok.

Alasan kedekatan emosional maupun kultural menjadi dasar kunjungan delegasi dari Jianyang ini. Pimpinan delegasi, Yang Xin Qiang, Jianyang City Party Secretary mengatakan bahwa Kota Semarang punya kedekatan dengan Tiongkok sejak lama dibuktikan dari adanya bangunan peninggalan Laksamana Ceng Ho yang dikenal dengan Klenteng Sam Poo Kong.

"Mudah-mudahan, antara Pemerintah Kota Semarang dan Jianyang bisa menjalin kerja sama. Dimulai dari bidang pariwisata. Semarang dan Jianyang sama-sama punya tempat wisata yang menarik," sebut Yang Xin Qiang, di Balai Kota Semarang, Selasa (11/7).

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, menyambut baik maksud kedatangan delegasi dari Kota Jianyang tersebut. Menurutnya, Kota Semarang memiliki banyak potensi pariwisata mulai dari pariwisata religi, sejarah hingga kebudayaan.

"Mulai dari wisata reliji, yakni Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Agung Semarang (Kauman), Klenteng Sam Poo Kong. Kemudian ada wisata kota, yakni Lawang Sewu, Kota Lama. Sedangkan wisata edukasi, yakni Bonbin Mangkang, Taman Lele, Museum Mandala Bhakti," sebut Hendi, sapaannya.

Selain itu, Kota Semarang juga memiliki beragam dari kuliner yang dimiliki yang berasal dari banyaknya suku yang hidup berdampingan di Kota Semarang.

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang juga tengah mempersiapkan sejumlah destinasi wisata alam yang ada di Kota Semarang, antara lain yaitu air terjun yang berada di Kalipancur, Kampung Pelangi di Kelurahan Randusari dan Kampung Bahari di Tambak Lorok.

"Kami diundang Pemerintah Jianyang untuk kunjungan balasan November mendatang. Nantinya dalam kunjungan balik tersebut, kami akan ajak beberapa pengusaha Semarang," imbuhnya.

(I) Laporan: Jamal Abdun Nashr
  1. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA