1. JAWA TENGAH
  2. MAKRO

VIDEO: Tempat wisata kotor, Ganjar ajak warga pungut sampah

Tempat wisata harus bersih dan membuang sampah jangan sembarangan," kata Ganjar sembari melayani swafoto.

©2016 Merdeka.com Editor : Wisnu Wardhana | Minggu, 01 Oktober 2017 08:19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memanfaatkan benar magnet yang dimilikinya di kalangan pelajar dan remaja. Ia mengajak mereka memunguti sampah yang berserakan di sekitar lokasi objek wisata. Peristiwa terjadi ketika Ganjar menghadiri Gebyar Budaya di Wisata Pangeran Purbaya Surajaya (WIPPAS) Desa Surajaya Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Ketika kunjungan selesai dan gubernur akan menuju mobil, warga dan pelajar yang memadati acara seperti biasa mengajak Ganjar berswafoto. Di tengah para warga yang berdesakan rupanya Ganjar melihat sampah sisa makanan yang berserakan. Spontan ia berteriak, "siapa yang mau foto baris yang rapi di sini," katanya.

Ratusan pelajar pun menghambur ke arah titik yang ditunjuk gubernur. Mereka berbaris di depan Ganjar. Namun gubernur berambut putih itu malah berpindah ke depan menghadap barisan. "Ok, sekarang yang mau foto maju jalan, kita menuju lokasi foto di dekat panggung sambil mengambil sampah di bawah ini, ayooo," teriaknya. Tidak hanya pelajar, para guru pendamping pun mengikuti instruksi gubernur. Tak ketinggalan para pegiat wisata, pejabat, dan petugas keamanan yang berjaga di acara juga turut andil. Masing-masing mengambil sampah sisa makanan. Dari plastik pembungkus, kardus makanan, hingga botol air mineral.

Semua bergerak dengan Ganjar di depan menuju dekat panggung. Di titik yang dituju, Ganjar meminta sampah diletakkan. Seseorang membawa kardus menjadi wadah sampah yang terkumpul. "Ya sekarang boleh foto, tetap jaga kebersihan ya. Tempat wisata harus bersih dan membuang sampah jangan sembarangan," kata Ganjar sembari melayani swafoto. Bukan sekali ini Ganjar melakukan hal serupa. Setiap melihat sampah berserakan di sebuah acara, ia mengajak memungut sampah bersama.

©2016 Merdeka.com
(WW)
  1. Pariwisata
  2. Jawa Tengah
  3. Video Merdeka
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA