1. JAWA TENGAH
  2. MAKRO

VIDEO: Pendidikan di SMK ini gratis dan bisa langsung kerja

Mereka tidak menyangka, sudah sekolah tiga tahun gratis tanpa biaya sepeserpun, kini lulus pun langsung bisa bekerja di perusahaan bonafit.

©2016 Merdeka.com Editor : Wisnu Wardhana | Senin, 19 Juni 2017 14:45

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) gratis untuk siswa miskin yang digagas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tahun ini berhasil mewisuda lulusan pertamanya. Sebanyak 233 siswa dinyatakan lulus seratus persen. Wisuda kelulusan bertajuk Prasetya Alumni dipimpin langsung Gubernur Ganjar di SMK Negeri Jateng Semarang di Jalan Brotojoyo 1 Kota Semarang. Menariknya, wisuda yang kali pertama tersebut malah menjadi ajang bursa kerja. Bukan para siswa yang mencari pekerjaan, namun justru pimpinan perusahaan besar di Jateng yang berebut tenaga kerja berkualitas.

Mereka memang diundang secara langsung untuk mendapatkan pemaparan terkait SMK Jawa Tengah serta kompetensi dan prestasi wisudawan. Meski baru didirikan pada 2014 lalu, sejumlah prestasi sudah ditelurkan oleh siswa sekolah bersistem boarding school ini. Pada acara yang berlangsung hingga waktu buka puasa itu hadir jajaran direksi PT Hitachi, PT Astra, PT Komatsu, sejumlah perusahaan garmen, perusahaan suku cadang alat berat, dan pimpinan BUMD di Jateng. Mendengar tawaran pekerjaan dan beasiswa, suasana kelulusan langsung riuh rendah. Para alumni yang didampingi orang tua masing-masing langsung antusias. Mereka tidak menyangka, sudah sekolah tiga tahun gratis tanpa biaya sepeserpun, kini lulus pun langsung bisa bekerja di perusahaan bonafit.

Ditambahkan, keunikan SMKN Jateng adalah sistem boarding school, alias beasiswa penuh selama tiga tahun masa pendidikan. Dan yang berhak mengikuti pendidikan tersebut adalah anak yang berasal dari keluarga sangat lemah secara ekonomi. Bahkan, saat penjaringan dilakukan home visit, survei ke rumah masing-masing demi memastikan calon siswa tersebut benar dari keluarga tidak mampu. Ganjar Pranowo mengatakan, SMK Jawa Tengah adalah wujud komitmennya untuk memberi akses pendidikan layak bagi anak-anak keluarga miskin. Harapannya dengan mendapat pendidikan bermutu, siswa akan mampu mengangkat ekonomi keluarganya.

©2016 Merdeka.com
(WW)
  1. Semarang
  2. Pendidikan
  3. Video Merdeka
  4. Sekolah Gratis
  5. SMK Negeri Jateng
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA