1. JAWA TENGAH
  2. MAKRO

VIDEO: Lomba balap perahu penambang pasir sungai Serayu

peserta lomba balap perahu adalah para penambang pasir tradisional yang biasa beroperasi di sepanjang aliran Sungai Serayu.

©2017 Merdeka.com Editor : Wisnu Wardhana | Minggu, 30 Juli 2017 11:15

Sebanyak 30 tim peserta beradu ketangkasan memacu perahu pasir di kawasan Dermaga Singgah Bendung Gerak Serayu, Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, Banyumas. Mereka adalah para penambang pasir tradisional yang biasa beroperasi di sepanjang aliran Sungai Serayu. Layaknya atlet profesional, masing-masing tim yang berisi enam hingga sepuluh orang mendayung sekuat tenaga untuk meraih bendera kecil yang terpasang pada tali yang dibentangkan di atas sungai. Adapun jarak antara titik start dengan bendera mencapai 200 meter.

Setelah berhasil mendapatkan bendera, tim dayung ini harus mereka memutar balik perahunya untuk menuju titik finish. Penonton maupun pendukung yang menyaksikan dari di tepi sungai bersorak ketika tim andalannya berlaga. Perahu yang masuk garis akhir terlebih dahulu, berhak maju ke babak selanjutnya. Atraksi wisata ini merupakan rangkaian pembuka Festival Serayu Banyumas 2017. Selain untuk merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72, lomba balap perahu ini juga bertujuan mengenalkan wisata di sungai Serayu Kabupaten Banyumas.

©2017 Merdeka.com
(WW)
  1. Pariwisata
  2. Banyumas
  3. Wisata Banyumas
  4. Video Merdeka
  5. Lomba HUT RI
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA