1. JAWA TENGAH
  2. MAKRO

VIDEO: Alquran raksasa dari daun lontar berusia ratusan tahun

Alquran yang berusia ratusan tahun ini mempunyai ukuran raksasa, yaitu berukuran 1,5 meter x 1 meter terdiri dari 25 halaman.

©2016 Merdeka.com Editor : Wisnu Wardhana | Senin, 19 Juni 2017 18:08

Memperingati Nuzulul Quran, Pondok Pesantren Multazam di Kabupaten Semarang, menggelar tradisi bersih Alquran. Tak seperti Alquran yang biasanya, di ponpes ini terdapat Alquran raksasa yang terbuat dari daun lontar. Alquran yang berusia ratusan tahun ini mempunyai ukuran raksasa, yaitu berukuran 1,5 meter x 1 meter terdiri dari 25 halaman yang tiap halamannya berisi 23 keping daun lontar.

Alquran raksasa daun lontar ini disimpan di lemari kaca di Ponpes Multazam, hanya tiap 17 Ramadan dikeluarkan untuk dibersihkan. Cara pembersihan Alquran daun lontar ini cukup unik, dengan dibasuh cairan pandanwangi menggunakan kuas. Tak hanya itu, pihak pengasuh ponpes mengadakan doa bersama untuk memperingati turunnya Alquran tersebut.

Kegiatan setahun sekali ini dilakukan oleh Ponpes Multazam dengan tujuan agar debu yang melekat di tiap daun lontar hilang dan terjaga aroma wanginya. Menurut keterangan Kiai Haji Khamami, pengasuh Ponpes Multazam, kegiatan ini rutin dilakukan setahun sekali agar santri tak hanya menghafal Alquran, melainkan dapat lebih memahami isi dan makna yang terkandung di dalam kitab suci, khususnya di bulan Ramadan.

©2016 Merdeka.com
(WW)
  1. Video Merdeka
  2. Tradisi
  3. Ramadan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA