1. JAWA TENGAH
  2. UKM

Yuk ke pameran produk unggulan UMKM Pati, masih digelar sampai besok

“Tujuannya masyarakat bisa mencintai produknya sendiri, tak perlu jauh-jauh, cukup membeli produk asli Pati saja,"

©2016 Merdeka.com Editor : Puji Utami | Senin, 19 Juni 2017 08:08

Merdeka.com, Jawa Tengah - Ratusan stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) se-Bumi Mina Tani ramaikan expo koperasi dan gelar bazar UMK. Tidak hanya itu, dalam giat menekan kenaikan harga sembako tersebut, juga diselingi dengan hiburan rakyat.

Gelar Expo Koperasi dan Bazar diikuti oleh 140 unit usaha baik Flora Fauna, kerajinan, dan batik serta produk-produk unggulan Kabupaten Pati untuk di promosikan kepada masyarakat lokal maupun nasional.

Kegiatan ini digelar selama empat hari pada 17-20 Juni 2017 di halaman Stadion Joyo Kusuma Pati. Dalam Expo Koperasi dan Gelar Bazar juga dilakukan kegiatan sosial seperti donor darah, olahraga, pemberdayaan koperasi, lomba-lomba, panggung hiburan serta penyerahan santunan kepada anak yatim secara simbolis oleh Forkompinda kepada 10 orang perwakilan dengan jumlah anak yatim yang mendapat santunan sebanyak 200 orang.

Kegiatan expo koperasi ini diprakarsai oleh Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati. Dengan tujuan untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk-produk para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Pati. Selain itu juga produk-produk hasil binaan dari PKK yang ikut dalam pameran ini.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Pati Haryanto pada Sabtu (17/6) kemarin. “Ini untuk memperingati hari koperasi yang ke-70. Di sini semua produk unggulan Pati ada, dari kerajinan, makanan, bahkan seni budaya,” ungkap Haryanto.

Seiring terus digenjotnya kegiatan serupa, lanjutnya, diharapkan produk UMKM Pati bisa membumi. Dengan begitu, angka pengangguran terus menurun dengan banyaknya UMKM di Kabupaten Pati.

“Tujuannya masyarakat bisa mencintai produknya sendiri, tak perlu jauh-jauh, cukup membeli produk asli Pati saja, semuanya bagus harganya pun terjangkau,” beber Haryanto.

Tidak hanya merimbunkan UMKM saja, Haryanto bertutur, untuk mengakomodir UMKM Pati pihaknya telah memberikan sarana dan prasarana penunjang, misalnya di Pasar Pragolo yang khusu untuk menjual produk unggulan.

“Di Pasar Pragolo ini bertujuan mengakomodir mereka, tahun ke tahun UMKM terus meningkat, ini wujud perhatian Pemda, yakni dengan memberikan sarana prasarana. Juga, sering mengadakan event dan promosi seperti ini,” jelas Haryanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pati, Selamat Singgih Purnomojati mengatakan, dalam bazar itu, didirikan sebanyak 140 unit usaha untuk mengenalkan produk UMKM kepada masyarakat.

“Ini juga membantu menstabilkan ekonomi masyarakat, jelang Lebaran. Yang notabene harga kebutuhan pokok naik menjadi stabil,” kata Singgih. 

(PU) Laporan: Imam Khanafi
  1. Promosi Produk Unggulan
  2. Kabupaten Pati
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA