1. JAWA TENGAH
  2. SENI

Komik crossover ini kisahkan tentang hoax, Presiden Jokowi dan superhero Indonesia

"...ada ikon penting Solo dan Indonesia, Pak Jokowi. Kalau memunculkan Fadli Zon kan enggak bakal laku (komiknya),"

Dua kreator komik, Lolo Biru (kiri) dengan karya Executor dan Macan Putih karya Irfan Ihsan, saat peluncuran komik crossover berjudul Save. ©2016 Merdeka.com Editor : Puji Utami | Rabu, 13 September 2017 08:12

Merdeka.com, Jawa Tengah - Apa yang terjadi bila Istana Merdeka dimasuki seorang penyusup? Apalagi penyusup tersebut memiliki kemampuan penyamaran menjadi siapa saja. Hal itu membuat pasukan pengawalan presiden, Menteri Pariwisata Arief Yahya, hingga Presiden Joko Widodo pun ikut terkecoh.

Cerita tersebut hanya terjadi dalam komik berjudul "Executor vs Macan Putih: SAVE". Komik crossover yang diterbitkan oleh Supermoon Comics itu mempertemukan dua superhero komik Indonesia, Executor karya Lolo Biru dan Macan Putih karya Irfan Ihsan, dalam satu alur cerita.

Menurut kreator komik Executor, Lolo Biru, komik crossover "SAVE" mengisahkan tren perilaku tindak kejahatan dengan menyebarkan berita hoax. Situasi tersebut dimanfaatkan seorang superhero berwatak jahat bernama Polker untuk menyamar sebagai Presiden Jokowi. Tujuannya untuk menciptakan perang dan kehancuran di negeri sendiri dengan merebut pemerintahan.

"Inspirasinya kondisi politik saat ini, di mana pasca Pilpres 2014 ada dua kubu yang terbelah. Nah, sekarang ada tren baru berita hoax yang mengakibatkan bingung dan resah banyak orang," ujar Lolo Biru, kreator komik asal Bekonang, Sukoharjo.

Salah satu lembar panel komik "Executor vs Macan Putih: SAVE" yang memasukkan sosok Presiden Jokowi
© 2017 jateng.merdeka.com/Aditya Putra Wijaya

"Apalagi tren hoax itu muncul di era Presiden Jokowi. Sehingga saya bikin kemasan cerita yang ada pesan sekaligus ada ikon penting Solo dan Indonesia, Pak Jokowi. Kalau memunculkan Fadli Zon kan enggak bakal laku (komiknya)," sambung Lolo, saat ditanya wartawan alasan keberadaan sosok Presiden Jokowi usai peluncuran komik "Executor vs Macan Putih: SAVE" di Rumah Kreatif BUMN (RKB) Solo, Selasa (12/9).

Sementara itu, kreator komik Macan Putih sekaligus pendiri Karabira Comics, Irfan Ihsan menambahkan, ide komik crossover tersebut pertama kali muncul saat dirinya dan Lolo bertemu di pameran Asia Popcorn di Jakarta 2015 silam. Selang setahun kemudian, keduanya sepakat menggarap dua jagoan Nusantara itu dalam satu atap komik.

"Ini kolaborasi pertama kami. Masing-masing (Executor dan Macan Putih) sudah punya fans base. Sehingga bagus untuk anak- anak. Nanti kita juga ada project bareng Menyasar remaja dan segala usia. Rencana ke depan akan bawa komik ini dan project baru ke pasar luar negeri, termasuk menerjemahkannya full bahasa Inggris," imbuh Irfan, kreator asal Jakarta yang kini berdomisili di Washington DC, USA.

Bagi yang penasaran dengan aksi superhero Executor dan Macan Putih yang menyelamatkan Presiden Jokowi, masyarakat dapat merogoh kocek sebesar Rp 35 ribu. Pembelian bisa melalui akun facebook Supermoon Comics. Yuk baca kisah menariknya. 

(PU) Laporan: Aditya Putra Wijaya
  1. Komik
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA