1. JAWA TENGAH
  2. PERDAGANGAN

Jelang Natal, harga telur per kilogram di Temanggung naik Rp 4.000

“Bahkan bisa dimungkinkan harga telur akan terus mengalami kenaikan hingga puncak menjelang perayaan hari Natal besok.”

©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Kamis, 30 November 2017 12:35

Merdeka.com, Jawa Tengah - Natal dan tahun baru memang masih menyisakan sekitar sebulan ke depan. Namun demikian, harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional Kabupaten Temanggung sudah mulai merangkak naik. Kenaikan paling menonjol terlihat pada harga telur ayam ras yang mengalami kenaikan hingga Rp 4.000 per kilogram.

Menurut Kholifah, salah seorang pemilik kios sembako di Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung, sebelumnya telur yang hanya dibanderol Rp 18.000 per kilogram, saat ini telah dijual seharga Rp 22.000 per kilogram.

Dijelaskan, fenomena kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) seperti ini sudah biasa terjadi menjelang perayaan Natal dan tahun baru. Hal ini disebabkan oleh tingkat permintaan yang mengalami peningkatan, salah satunya dari pembuat kue dan roti ini. Selain itu penyebab kenaikan lain ialah pasokan dari peternak yang cukup susah.

“Bahkan bisa dimungkinkan harga telur akan terus mengalami kenaikan hingga puncak menjelang perayaan hari Natal besok,” jelasnya, Kamis (30/11).

Selain telur lanjutnya, kebutuhan pokok lainnya juga mengalami kenaikan harga adalah bawang merah dan putih. Harga bawang putih naik dari Rp 18.000 per kilogram menjadi Rp 22.000 per kilogram, sedangkan bawang merah naik dari Rp 16.000 menjadi Rp 22.000 per kilogram.

Tak seperti tiga jenis kebutuhan pokok tersebut, imbuhnya, harga komoditas lain terpantau masih cukup stabil. Seperti gula pasir yang masih bertahan di harga Rp 11.500 per kilogram, beras yang masih berkisar di angka antara Rp 9.000 per kilogram hingga Rp 11.000 per kilogramnya sesuai dengan kualitas barang masing-masing.

“Nanti juga bisa naik juga harga barang-barang itu,” pungkasnya.

(I) Laporan: Rizal Ifan Chanaris
  1. Perdagangan
  2. Pasar Tradisional
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA