1. JAWA TENGAH
  2. PERDAGANGAN

Dua komoditas ini laris manis di pasar murah Temanggung

“Pasar murah merupakan salah satu agenda rutin Pemkab Temanggung dalam menyambut Lebaran setiap tahunnya."

Salah seorang warga pulang membawa dua karung beras berisi masing-masing 5 Kg.. ©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Senin, 19 Juni 2017 12:14

Merdeka.com, Jawa Tengah - Ribuan orang memadati gelaran Puncak Pasar Murah tahun 2017 dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK di Pendopo Pengayoman Kabupaten Temanggung, Senin (19/6) pagi.

Dari sekian komoditas kebutuhan pokok yang disediakan, beras dan gula pasir menjadi yang paling banyak diburu oleh masyarakat. Terbukti dengan panjangnya antrean pengunjung di masing-masing stan penjualan.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Temanggung, Ronny Nurhastuti menjelaskan, terdapat beberapa jenis kepokmas yang disediakan bagi warga masyarakat yang datang. Mulai minyak goreng, beras, gula pasir, sirup, telur ayam, tepung terigu, dan lain sebagainya.

Khusus untuk beras murah, panitia menyediakan sebanyak 14,470 ton dengan alokasi setiap warga hanya diperbolehkan membeli sebanyak 15 kilogram atau 3 sak kantong berisi masing-masing 5 kilogram.

“Seharusnya pasar murah ini digelar hari Sabtu tanggal 17 Juni 2017 kemarin. Tapi berhubung saat itu bertepatan dengan kunjungan Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo, pasar murah tingkat kabupaten ini akhirnya kami undur sampai hari ini,” jelasnya.

Seperti tahun sebelumnya, guna meringankan beban pengeluaran masyarakat atas kebutuhan selama menyambut Lebaran, tahun ini pemerintah juga telah memberikan subsidi khusus sebesar Rp 1.500 untuk masing-masing item. Baik itu dalam satuan per biji, per kilogram, maupun per liter.

Untuk minyak goreng merek Bimoli panitia menjual dengan harga lebih murah ketimbang pasaran, yakni Rp 12.500 per liter, gula pasir Rp 11.000 per kilogram, tepung terigu Bogasari Rp 6.800 per kilogram, sirup Astina Rp 16.700 per botol, serta beras kualitas super seharga Rp 41.000 untuk satu sak berisi 5 kilogram.

“Pasar murah merupakan salah satu agenda rutin Pemkab Temanggung dalam menyambut Lebaran setiap tahunnya. Sedangkan untuk tahun ini sudah digelar sejak tanggal 29 Mei lalu di total 21 titik,” urainya.

(I) Laporan: Rizal Ifan Chanaris
  1. Harga Kebutuhan Pokok
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA