1. JAWA TENGAH
  2. PERBANKAN

Untuk ke sekian kalinya, Bank Jateng raih penghargaan bergengsi

"Penghargaan ini memberikan dorongan kepada Bank Jateng untuk memberikan bantuan CSR kepada mereka yang kurang mendapatkan akses perbankan."

Penghargaan kepada Banknya Orang Jawa Tengah tersebut diserahkan dalam acara 6th Universitas Sebelas Maret Small Medium Entreprise's (UNS SME’s) Summit & Awards 2017, Jumat (14/7) malam.. ©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Sabtu, 15 Juli 2017 15:38

Merdeka.com, Jawa Tengah - Bank Jateng berhasil menyabet penghargaan sebagai Bank Pelaksana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)/ Corporate Social Responsibility (CSR) pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Penghargaan kepada Banknya Orang Jawa Tengah tersebut diserahkan dalam acara 6th Universitas Sebelas Maret Small Medium Entreprise's (UNS SME’s) Summit & Awards 2017, Jumat (14/7) malam.

Direktur Bisnis Bank Jateng, Pujiono menuturkan, penghargaan tersebut diraih lantaran Bank Jateng dinilai dalam penyaluran CSR tidak hanya memberikan manfaat sesaat, namun memberikan dampak berkelanjutan. Salah satunya diwujudkan dalam bentuk pembangunan embung di Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung pada tahun 2011.

Embung Tlogopucang merupakan satu dari enam embung di Jateng yang dibangun melalui dana sosial kemitraan Bank Jateng. Pihaknya menyalurkan bantuan CSR sebesar Rp 1,2 miliar untuk pembangunannya.

Awalnya pembangunan Embung Tlogopucang digunakan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat setempat lantaran dikenal sebagai wilayah krisis air saat musim kemarau. Lantas, Bank Jateng menggandeng Yayasan Obor Tani untuk mendampingi Sentra Pemberdayaan Tani setempat dengan bekal pengetahuan, pelatihan, dan pendampingan.

Sekitar 3 tahun berjalan, keberadaan Embung Tlogopucang ternyata tidak hanya memenuhi kebutuhan air baku, namun juga mampu memberdayakan masyarakat untuk membudidayakan tanaman buah kelengkeng yang bernilai ekonomis tinggi. Bahkan saat ini danau buatan tersebut berkembang menjadi salah satu destinasi wisata di Temanggung.

"Bank Jateng merasa terapresiasi atas penghargaan ini. Dari sekian banyak penyaluran CSR kepada UMKM, Bank Jateng dinilai mampu memberdayakan penerima bantuan agar bisa mandiri dan memiliki konsep sustainable development (pengembangan berkelanjutan). Jadi bukan hanya bantuan yang sifatnya sesaat," tutur Pujiono.

Ditambahkan dia, total penyaluran Dana Sosial Bank Jateng sejak tahun 2013 sampai Juni 2017 mencapai Rp 42.680.596.890. Sedangkan total dana CSR Bank Jateng yang disalurkan kepada UMKM selama kurun waktu 5 tahun terakhir itu sebesar Rp 10.292.808.500.

Adapun Dana sosial kemitraan Bank Jateng kepada UMKM itu antara lain, sektor pertanian, pangan, hortikultura, peternakan, perikanan, industri kerajinan, makanan/minuman, industri rumah tangga, dan Perdagangan.

"Tentunya penghargaan ini memberikan dorongan kepada Bank Jateng untuk memberikan bantuan CSR kepada mereka yang kurang mendapatkan akses perbankan, maupun daerah yang minim potensi sumber daya alam," imbuh Pujiono, usai menerima penghargaan.

Sementara itu, Rektor UNS Solo, Ravik Karsidi mengatakan, malam penganugerahan 6th UNS SME’s Summits & Award 2017 ini merupakan hasil kerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, sekaligus merayakan Hari Koperasi Nasional ke 70 tahun. Tujuannya untuk memberikan penghargaan dan apresiasi atas kinerja instansi/lembaga baik pemerintah maupun BUMN/Swasta dalam pemberdayaan Koperasi dan UMKM.

"Ada 14 kategori pemenang dalam penganugerahan Dharmakrida Baraya Adikarya Anugraha malam ini. Harapannya mampu mendorong dan memotivasi instansi maupun individu yang belum berkecimpung memberdayakan UMKM agar terpanggil. Sedangkan mereka yang telah menerima penghargaan ini adalah wujud apresiasi dari kami, yang kami tampung dari banyak pihak. Mudah-mudahan barokah," kata Ravik.

(I) Laporan: Aditya Putra Wijaya
  1. Bank Jateng
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA