1. JAWA TENGAH
  2. PERBANKAN

Saat ditanya apakah ODHA boleh ajukan kredit Mitra Jateng, ini jawaban Ganjar

Selama memiliki usaha, berkomitmen, dan berkeinginan untuk maju maka Bank Jateng akan mengucurkan pinjaman.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam acara Ngopi Bareng Mas Ganjar di Balai Desa Alian Kecamatan Alian, Kebumen, Rabu (13/9) malam. ©2016 Merdeka.com Editor : Puji Utami | Kamis, 14 September 2017 07:08

Merdeka.com, Jawa Tengah - Nasabah kredit Mitra Jateng 25 ditantang Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk membuktikan kebolehannya dalam memotret. Nasabah tersebut adalah Mahendra Eka Saputra yang memiliki usaha fotografi dengan spesialisasi foto wedding.

"Sekarang buktikan kemampuanmu memotret, pinjam kamera dulu," kata Ganjar. Dengan duduk di atas karpet merah, Ganjar bergaya seolah menjadi model. Sesekali dia mendongakkan kepalanya dan tak melihat kamera. Tak ayal, polah Gubernur berambut putih itu pun mengundang tawa peserta Ngopi Bareng Mas Ganjar di Balai Desa Alian Kecamatan Alian, Kebumen, Rabu (13/9) malam.

Di hadapan Ganjar, Mahendra mengaku memiliki empat kamera. Karena ingin mengembangkan usahanya, dia mengajukan pinjaman Rp 25 juta melalui program Mitra Jateng 25 dengan jangka waktu selama dua tahun. "Saya ingin beli kamera dan peralatan foto lagi untuk mengembangkan usaha. Dengan banyak kamera, kalau ada dua atau tiga job, semua bisa saya ambil dengan mempekerjakan fotografer lain," jelasnya. Dia menjalankan bisnis dengan model paket, mulai dari Rp 3,5 juta hingga Rp 5 juta.

Sementara Solekan, seorang tenaga pendamping ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS), bertanya kepada Ganjar. "Pak Gubernur, apakah ODHA bisa mengajukan pinjaman ke Mitra Jateng? Karena banyak ODHA yang ingin punya usaha tapi takut terdiskriminasi dengan penyakit yang dialaminya. Apalagi selama ini Bank Jateng terkenal sebagai bank-nya PNS," ucapnya.

Dengan tegas Ganjar menjawab bahwa Mitra Jateng 25 tidak membedakan nasabah. Selama memiliki usaha, berkomitmen, dan berkeinginan untuk maju maka Bank Jateng akan mengucurkan pinjaman. "Mitra Jateng adalah pinjaman yang didesain untuk pengusaha UMKM dengan bunga terendah di Indonesia, hanya 7 persen per tahun," paparnya. Sehingga syarat yang diajukan pun cukup mudah dan tanpa jaminan.

(PU) Laporan: Dian Ade Permana
  1. Bank Jateng
  2. mitrajateng25
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA