1. JAWA TENGAH
  2. PERBANKAN

Mitra Jateng diharapkan bisa memutus praktek rente di pasar

"Tadi kami temukan masih ada pedagang yang terbelit utang rente 20 persen. Mitra Jateng bisa menjadi solusi untuk masalah itu,"

©2016 Merdeka.com Editor : Puji Utami | Jum'at, 03 Februari 2017 13:38

Merdeka.com, Jawa Tengah - Program kredit Mitra Jateng bisa menjadi solusi untuk memutus mata rantai praktek riba di pasar. Pasalnya, selama ini banyak pedagang yang tergantung pada kredit yang ditawarkan oleh rentenir dengan bunga tinggi.

"Tadi kami temukan masih ada pedagang yang terbelit utang rente 20 persen. Mitra Jateng bisa menjadi solusi untuk masalah itu," ujar Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, saat memberikan bantuan kredit Mitra Jateng Rp 25 juta untuk 5 pedagang di Pasar Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jumat (3/2).

Nano, sapaan akrabnya mengatakan, Bank Jateng pun siap memfasilitasi kredit untuk pedagang di pasar tradisional maupun modern. Program yang digulirkan adalah kredit Mitra Jateng dengan suku bunga rendah yakni hanya sebesar 7 persen per tahun efektif.

Sejatinya, kata dia, sejumlah pedagang sudah mengikuti program Mitra Jateng. Namun, sosialisasinya belum mencapai seluruh lapisan.

"Kerjasama dengan Pemprov ini mempermudah kami untuk menjangkau masyarakat lapisan bawah. Terutama untuk memberikan bantuan modal," katanya.

Nano menambahkan, tujuan disalurkannya kredit ini untuk mempercepat pengentasan masyarakat pra sejahtera di Jawa Tengah yang seiring dengan program Pemprov Jateng. 

(PU)
  1. Bank Jateng
  2. Ekbis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA