1. JAWA TENGAH
  2. PERBANKAN

Bank Jateng raih penghargaan di Indonesia Best Banking Brand Award 2017

"...perlu energi dari seluruh komponen perusahaan untuk bisa selalu mencapai tujuan yang diinginkan oleh Bank Jateng..."

©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Rabu, 29 November 2017 17:55

Merdeka.com, Jawa Tengah - Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah (Jateng) menerima penghargaan di ajang Warta Ekonomi, Indonesia Best Banking Brand Award 2017. Bank Jateng dianugerahi sebagai Excellent Financial Performance kategori regional development bank.

Sekretaris Perusahaan Bank Jateng, Suldiarta mengaku sangat bersyukur Bank Jateng menerima penghargaan tersebut. Menurutnya, semua penghargaan yang telah diberikan merupakan hasil kerja keras setiap elemen Bank Jateng.

"Ini berkat kinerja dari organ-organ di Bank Jateng. Tak terkecuali siapapun yang ada di sana bahwa mereka punya peran besar terhadap kemajuan Bank Jateng," katanya di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Rabu (29/11).

Selain penghargaan tersebut, Bank Jateng juga menempati posisi keempat sebagai best costumer regional development bank. Hal itulah yang juga menjadi salah satu tujuan Bank Jateng yaitu untuk bisa menjadi Bank pilihan masyarakat.

"Tercapai tujuan kita menjadi salah satu bank pilihan dari nasabah kita top five, bank yang menjadi pilihan masyarakat terutama di Jawa Tengah," ujarnya.

Kerja keras tersebut, kata Suldiarta, tidak hanya menghasilkan penghargaan Excellent Financial Performance. Tetapi juga membuat bank yang berdiri sejak 6 April 1963 itu menjadi salah satu bank yang layak untuk diperhitungkan di kancah nasional.

"Memang di dalam pengelolaan perbankan itu tidak mudah. Apa lagi seperti Bank Jateng yang sekarang asetnya sudah mencapai Rp 60 Triliun lebih itu sudah dikategorikan sebagai kelompok Bank yang diperhitungkan di kancah nasional," tuturnya.

Suldiarta menambahkan, bahwa dalam mencapai tujuan tidaklah selalu mudah. Tentu selalu perlu energi dari seluruh komponen perusahaan untuk bisa selalu mencapai tujuan yang diinginkan oleh Bank Jateng.

Untuk diketahui acara penghargaan ini diselenggarakan oleh media Warta Ekonomi. Media tersebut melakukan penilaian pemenang berdasarkan dua tahapan riset. Tahapan pertama (financial performance) adalah riset menyeluruh terkait kinerja keuangan. Ada empat indikator dalam penilaian ini.

Mulai dari Pengukuran Earning (Rentabilitas), yang dilihat dari rasio Return On Asset (ROA), Permodalan (Capital), yang dilihat dari Capital Adequacy Ratio (CAR), Resiko Kredit, yang dilihat dari rasio Non Performing Loan (NPL), Resiko Likuiditas, yang dilihat dari rasio Loan to Deposit Ratio (LDR).

Kemudian, kegiatan riset tahap kedua (consumer choice) dilakukan melalui wawancara tatap muka dan survey telepon dengan nasabah bank yang tersebar di lima kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar.

Kriteria responden yang diwawancara adalah nasabah dengan usia 25 - 50 tahun, berpendidikan di atas S1, dan memiliki kisaran pengeluaran per bulan lebih dari Rp 5.000.000,-. Indikator penilaian dalam tahap kedua ini adalah, Top of Mind, Brand Used Most Often, Product Factor, Service Factor, Business Management Factor.

(I)
  1. Bank Jateng
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA