1. JAWA TENGAH
  2. PERBANKAN

Bank Jateng raih dua penghargaan di Indonesia Banking Award

"Ini salah satu untuk menekan biaya operasional kami. Kami mengambil segmen mereka yang belum tersentuh bank di desa-desa memakai BUM-Des,"

Bank Jateng memperoleh penghargaan dua di Indonesia Banking Award yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (13/9) malam. ©2016 Merdeka.com Editor : Puji Utami | Kamis, 14 September 2017 12:27

Merdeka.com, Jawa Tengah - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah atau Bank Jateng kembali memperoleh penghargaan di Indonesia Banking Award yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (13/9) malam. Kali ini dua penghargaan sekaligus digondol oleh Bank Jateng, yaitu The Most Efficient Bank dan The Most Reliable Bank.

Direktur Operasional dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng, Hanawijaya menyebutkan, penghargaan ini pihaknya peroleh karena telah mampu secara efisien menekan biaya operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO).

Hal tersebut dibuktikan dengan data yang menyebutkan BOPO Bank Jateng pada tahun ini tercatat 71,63% atau lebih rendah ketimbang periode sama 2016 sebesar 76,24%.

"BOPO kami termasuk lumayan baik pada peer-nya di kalangan industri. Kami juga memiliki return on equity yang cukup baik," sebutnya di sela acara.

Sementara itu, dari sisi aset, Bank Jateng juga tumbuh signifikan. Per Agustus 2017, aset mereka tercatat Rp 62,12 triliun atau naik dari periode sama pada 2016 sebesar Rp 54,19 triliun.

Selain itu, ia mengatakan penghargaan ini juga hasil dari upaya re-engineering process dengan mengurangi sumber daya manusia dengan beralih menggunakan teknologi dalam layanan transaksi.

Lebih lanjut, ia menerangkan dalam rangka menjangkau pelayanan hingga ke pelosok desa, pihaknya menggandeng Badan Usaha Milik Desa (BUM-Des) dengan mengubah cabang fisik dengan branchless.

"Ini salah satu untuk menekan biaya operasional kami. Kami mengambil segmen mereka yang belum tersentuh bank di desa-desa memakai BUM-Des," tambahnya.

(PU) Laporan: Jamal Abdun Nashr
  1. Bank Jateng
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA