1. JAWA TENGAH
  2. MAKRO

Tol fungsional Solo-Ngawi dibuka, ini pesan Wakapolda Jateng

"Maksimal 60 Km per jam"

Wakapolda Jateng Brigdjen Pol Indrajit saat meninjau Posko Terpadu pintu tol Ngasem yang merupakan gerbang jalur Tol Soker. ©2016 Merdeka.com Editor : Puji Utami | Senin, 19 Juni 2017 11:05

Merdeka.com, Jawa Tengah - Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Wakapolda Jateng) Brigjen Pol Indrajit mengingatkan pengguna Jalan Tol Solo-Kertosono (Soker) agar menjaga ambang batas kendaraan. Hal itu dia sampaikan saat meninjau Posko Terpadu di gerbang tol Ngasem, Karanganyar, Senin (19/6).

Menurut Brigjen Pol Indrajit, hari ini jalur tol yang membentang dari pintu tol Ngasem (Colomadu, Karanganyar) hingga exit tol Widodaren (Ngawi, Jawa Timur) sudah bisa dilalui kendaraan roda empat sebagai jalur alternatif pemudik.

"Meski fungsional, tol mulai hari ini pukul 10.00 WIB sudah bisa dilalui pemudik. Tapi karena ketebalan jalan baru 10 centimeter, hanya bisa dilalui kendaraan roda empat kecil. Kendaraan berat enggak boleh," ujarnya saat ditemui di Posko Terpadu gerbang tol Ngasem, Karanganyar.

Mengingat jalur alternatif mudik sepanjang 65 kilometer itu masih berkontruksi landasan beton sementara atau lean concrete (LC), dia mengimbau agar pengguna jalan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang berlaku.

"Mengingatkan, karena jalan sudah mulus tentu harus bisa menjaga kecepatan. Maksimal 60 Km per jam. Kalau lelah istirahat di rest area. Pasalnya masih banyak akses untuk lalu lalang warga lantaran overpass belum selesai dibangun. Jadi begitu dekat perlintasan dikurangi hingga 20 Km/jam. Meskipun (perlintasan) sudah kita jaga," pesan Brigjen Pol Indrajit.

Sementara itu, Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak menambahkan, gerbang tol Ngasem difungsikan sebagai pintu masuk pemudik dari arah Semarang. Sedangkan pemudik dari arah Jakarta yang melalui Jogja diarahkan melewati pintu tol Klodran.

"Polres Karanganyar mendirikan tiga pos pengamanan di pintu masuk tol Ngasem, Klodran, dan rest area di Kebakkramat. Untuk pintu tol Ngasem ini kita bersinergi dengan Polres Boyolali dan Sukoharjo," imbuh AKBP Ade saat menemani Wakapolda Jateng meninjau hari pertama jalur alternatif Tol Solo- Ngawi. 

(PU) Laporan: Aditya Putra Wijaya
  1. arus mudik
  2. Jalur Mudik 2017
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA