1. JAWA TENGAH
  2. MAKRO

Tiba di Stasiun Purwosari, begini cara pengambilan motor mudik gratis

" ... Berangkat dari Jakarta tujuan Blitar tanggal 18 hingga 23 Juni dengan rata-rata per hari 150 motor."

Petugas menurunkan motor dari gerbong kereta di Stasiun Purwosari Solo, Senin (19/6).. ©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Senin, 19 Juni 2017 18:40

Merdeka.com, Jawa Tengah - Ratusan kendaraan milik pemudik yang mengikuti program Motor Gratis (Motis) dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) akhirnya tiba di Stasiun Purwosari, Solo, Senin (19/6). Kendaraan yang didominasi plat nomor B asal DKI Jakarta itu masuk dalam gelombang pertama kedatangan.

Kepala Stasiun Purwosari Solo, Slamet Triyanto mengatakan, berbeda dengan tahun sebelumnya yang mendarat di Stasiun Jebres, program motis untuk tujuan Solo tahun ini mendarat di Stasiun Purwosari. Adapun jadwal kedatangannya selama 5 hari, mulai Senin hingga Jumat, (19-23/6).

"Untuk kuota yang diturunkan di Solo pada gelombang pertama hari ini sebanyak 117 motor. Berangkat dari Jakarta tujuan Blitar tanggal 18 hingga 23 Juni dengan rata-rata per hari 150 motor. Sedangkan yang dari sini (Solo) tadi naik ke Kediri ada satu motor," kata Slamet, Senin (19/6).

Dijelaskan, pada tahun sebelumnya program Motis angkutan lebaran yang digagas Kementerian Perhubungan tersebut melayani pengangkutan dengan moda transportasi truk, KA, dan kapal laut. Namun untuk tahun ini hanya difasilitasi via moda transportasi KA.

Mengenai pendaftarannya, sambung Slamet, program KA Motis sudah dilakukan mulai 15 Februari 2017 secara online, dibagi dalam dua tahap. Tahap I tanggal 16 Februari - 16 April 2017 dan tahap II mulai tanggal 17 April - 4 Juli 2017. Sedangkan untuk jadwal KA Motis angkutan balik dimulai 29 Juni hingga 5 Juli 2017.

"Pengambilan Motis maksimal 2 x 24 jam. Bisa dilakukan di kantor PT. Lintas Nusantara Perdana (LNP) dengan menunjukkan surat ber -barcode yang telah diberikan saat pengiriman dari Jakarta," jelasnya.

Sementara itu, koordinator Motis dari PT. LNP, Dwi Wahyudi menambahkan, begitu Motis tiba di Stasiun Purwosari, pihaknya akan langsung melakukan cek fisik. Disisi lain, jika pengambilan melebihi 2 x 24 jam, akibatnya pemilik motis akan dikenai denda sesuai biaya parkir harian.

"Kalau enggak salah (denda keterlambatan) Rp 25 ribu per hari. Jika yang mengambil orang lain bisa menunjukkan surat kuasa," kata Dwi, yang berkantor di dekat pintu keluar kompleks Stasiun Purwosari.

(I) Laporan: Aditya Putra Wijaya
  1. Jasa Angkutan
  2. Mudik Lebaran
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA