1. JAWA TENGAH
  2. MAKRO

Meski salah lakukan tantangan Jokowi, santri ini tetap dapat sepeda

“Ini yang salah memberi tantangan saya atau kamu yang salah dengar,”

Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Asy’Ariyyah Desa Kalibeber Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo, Jumat (16/6) malam. ©2016 Merdeka.com Editor : Puji Utami | Sabtu, 17 Juni 2017 06:32

Merdeka.com, Jawa Tengah - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi selama ini dikenal sebagai sosok yang dekat dengan rakyatnya. Bahkan hampir dalam setiap kunjungannya ke berbagai daerah, ia menyempatkan diri untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Indonesia ini juga sering membagikan hadiah seperti sepeda kepada siapa saja yang berhasil melaksanakan tantangan yang diberikan. Termasuk usai dirinya mengikuti salat isya dan tarawih di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Asy’Ariyyah Desa Kalibeber Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo, Jumat (16/6) malam.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi memberikan dua tantangan berbeda pada dua orang santri. Yang pertama kepada Ulul Azmi, seorang santri asal Tegal. Ia diminta menyebutkan 7 dari 714 keseluruhan suku yang ada di Indonesia.

“Ada Dayak, Jawa, Sunda, Bugis, Madura, Betawi, dan Batak,” kata Azmi sambil sedikit terbata-bata. Mungkin karena deg-degan ketemu presiden.

Ia pun lolos dan mendapatkan hadiah berupa satu unit sepeda dari presiden.

“Tujuh suku saja bingung apalagi seluruhnya. Ini yang ingin selalu saya ingatkan kepada masyarakat,” timpal Jokowi.

Kejadian lucu justru terjadi saat tantangan sesi kedua. Jokowi meminta salah seorang untuk memperagakan aksi pencak silat di hadapan majelis yang hadir. Akhirnya terpilih lah nama santri lain, Taufik Umar asal Desa Sima Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang.

Sesaat usai dipersilakan beraksi, Jokowi dan seluruh yang hadir justru dibuat terpingkal-pingkal. Pasalnya, alih-alih memperagakan aksi beladiri pencak silat, ia justru menyebutkan sila pertama dari Pancasila.

“Ini yang salah memberi tantangan saya atau kamu yang salah dengar,” tanya Jokowi sembari terus mengumbar senyum lebar.

Tapi karena memang presiden yang baik hati, Umar pun akhirnya tetap diberi hadiah berupa satu unit sepeda meski akhirnya ia hanya mampu memperagakan satu gerakan pencak silat dari 20 gerakan yang diminta presiden. 

(PU) Laporan: Rizal Ifan Chanaris
  1. Presiden Jokowi
  2. Wonosobo
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA