1. JAWA TENGAH
  2. MAKRO

Kelola sampah TPA Jatibarang, Senator RI: Ini satu-satunya di Indonesia

"yang menjadi daya tarik dari pengelolaan sampah di TPA Jatibarang ini adalah diterapkannya sistem landfill.."

Ilustrasi. ©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Selasa, 10 Oktober 2017 16:39

Merdeka.com, Jawa Tengah - Kelola sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang mendapat acungan jempol dari senator RI, Denty Eka Widi Pratiwi. Menurutnya, upaya pengelolaan sampah di TPA Jatibarang layak menjadi percontohan nasional.

Menurutnya, kelola sampah secara mandiri bakal melahirkan manfaat yang sangat besar. Buktinya TPA Jatibarang mampu menarik investor luar negeri yaitu Denmark serta mampu mengonversi sampah menjadi tenaga listrik.

"Peran serta masyarakat juga sangat terlihat dalam pemilahan sampah setelah ada edukasi dari pemerintah setempat. Yaitu pemilahan antara sampah organik dan anorganik," sebut Denty.

Menurutnya, yang menjadi daya tarik dari pengelolaan sampah di TPA Jatibarang ini adalah diterapkannya sistem landfill sehingga mampu menghasilkan energi listrik. Padahal selama ini sampah masih menjadi momok kota-kota besar di Indonesia.

"Terimakasih pada Kota Semarang karena bisa menjadi percontohan pengelolaan sampah yang mandiri. Karena satu-satunya di Indonesia, Semarang bisa menjadi pionir dalam pengelolaan sampah," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu yang turut mendampingi mengatakan, nantinya listrik yang dihasilkan dari proyek ini mencapai 1,5 megawatt.

"Setelah ini (pelaksanaan project landfill) diharapkan program skala nasional PLTSa (pembangkit listrik tenaga sampah) bisa mulai dilakukan tahun 2018," katanya.

Sementara untuk peresmian proyek landfill ini, akan dilakukan pada tanggal 23 Oktober mendatang. "Sebelumnya, Pemerintah Kota Semarang juga sudah bekerjasama dengan PT Narpati. Dengan perusahaan dari swasta ini sampah TPA Jatibarang telah dikelola menjadi pupuk untuk tanaman," tambahnya.

(I) Laporan: Jamal Abdun Nashr
  1. TPA Jatibarang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA