1. JAWA TENGAH
  2. MAKRO

Jokowi mantu, ini perkiraan penambahan jadwal penerbangan Bandara Adi Soemarmo

" ... Kalau hajatan kedua ini kan calon menantunya orang Medan. Pastinya besan, keluarga mempelai, dan tamu-tamu banyak..."

Ilustrasi. ©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Selasa, 10 Oktober 2017 20:19

Merdeka.com, Jawa Tengah - Bandara International Adi Soemarmo Solo bakal menambah jadwal penerbangan menjelang pernikahan anak kedua Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu. Dijadwalkan, Kahiyang bersama calon imamnya, Bobby Nasution, akan menggelar upacara ijab kabul dan resepsi pernikahan pada 8 November 2017 mendatang.

Menurut General Manager Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usman, hajatan 'ngunduh mantu' pertama Presiden Jokowi pada 2015 lalu disiapkan sebanyak 26 pesawat carter dan atau extra flight (penerbangam ekstra).

Selain itu, juga disertakan empat pesawat lebih besar (narrow body) untuk penerbangan reguler yang keluar masuk Bandara Internasional Adi Soemarmo guna mengantisipasi kebutuhan transpotasi udara pernikahan putra pertama Jokowi, Gibran Rakabuming dengan Selvi Ananda tersebut.

Berkaca dari 'ngunduh mantu' pertama, Usman menaksir, akan ada lebih dari 30 penerbangan ekstra maupun carter yang berangkat turun di bandara yang terletak di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali tersebut. Bahkan jumlahnya lebih banyak lantaran calon pasangan Kahiyang, Bobby, yang memiliki darah Tapanuli Selatan, berasal dari Medan.

"Besan atau menantu pertama Pak Jokowi (Selvi Ananda) itu orang Solo. Jadi tamunya kebanyakan ya orang Solo. Kalau hajatan kedua ini kan calon menantunya orang Medan. Pastinya besan, keluarga mempelai, dan tamu-tamu banyak juga yang dari sana. Sehingga kebutuhan pesawat mungkin lebih banyak. Itu belum dari tamu para pejabat negara," prediksi Usman, Selasa (10/10).

Terpisah, Branch Manager Garuda Indonesia office Solo, Aryo Wijoseno mengatakan, pihaknya telah mengajukan ekstra penerbangan beberapa pesawat ke Kementerian Perhubungan. Penerbangan ekstra Garuda dimulai 7 - 9 November atau satu hari sebelum dan sesudah 'ngunduh mantu' Jokowi.

Detilnya, pada 7 November tersedia satu extra flight menggunakan pesawat berbadan besar, airbus. Kemudian hari H, tiga regular flight ada penambahan seat dengan penggantian pesawat lebih besar menggunakan airbus. Sedangkan 9 November, satu extra flight dan satu regular flight menggunakan airbus.

Selain menyediakan penerbangan ekstra, maskapai plat merah ini juga akan membentuk helpdesk selama peak seasson pernikahan Kahiyang dan Bobby tersebut. Tujuannya, memberi layanan yang baik kepada para tamu VIP maupun tamu undangan lain yang menghendaki perubahan jadwal penerbangan.

"Untuk tanggal lain (diluar 7-9 November) masih dikaji. Yang pasti Garuda Indonesia akan menyesuaikan kapasitas seat sesuai lonjakan permintaan atau kebutuhan pasar. Sedangkan Helpdesk dibuka di dua tempat, yakni di kantor Garuda mulai pukul 08.00 hingga 16.30 WIB dan di bandara pukul 05.30 hingga 19.30," kata Aryo.

(I) Laporan: Aditya Putra Wijaya
  1. Jokowi Mantu
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA