1. JAWA TENGAH
  2. MAKRO

Jaring ikan karya nelayan Batang curi perhatian di Hakteknas Makassar

Antara lain yakni alat tangkap ikan pengganti cantrang, 'magic ring' penghemat bahan bakar minyak (BBM), 'gava leaf antiseptic', salapucino...

Alat tangkap ikan baru hasil inovasi nelayan Kabupaten Batang yang ikut dipamerkan dalam Pameran Ritech Expo di Makassar. ©2016 Merdeka.com Editor : Puji Utami | Jum'at, 11 Agustus 2017 11:05

Merdeka.com, Jawa Tengah - Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke 22 dilangsungkan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Unit Pelayanan dan Pengoperasian Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi (UPP Iptekin) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Tengah turut memeriahkan perayaan Hakteknas yang diselenggarakan sejak 10 hingga 13 Agustus tersebut.

Kepala UPP Iptekin Bappeda Jateng Hatta H Yunus mengatakan Pemprov Jateng berkesempatan mengisi salah satu stan pada Pameran Ritech Expo dengan produk-produk unggulan hasil kreativitas dan inovasi masyarakat Jateng. Antara lain yakni alat tangkap ikan pengganti cantrang, 'magic ring' penghemat bahan bakar minyak (BBM), 'gava leaf antiseptic', salapucino, kopi bambu bergaya Kebumen, sirup daun kersen, serta inovasi pemanfaatan limbah menjadi papan.

Alat tangkap ikan pengganti cantrang yang dipamerkan yakni berupa prototype yang bisa digerakkan. Inovasi karya nelayan Kabupaten Batang bernama Aziz Tarsono tersebut cukup menarik perhatian pengunjung. Hal ini tentu terkait pro dan kontra penggunaan cantrang yang memang sedang hangat dibicarakan. Aziz Tarsono memamerkan dua karyanya yang diberi nama jaring Apollo dan jaring Kelelawar. Hasil karya ini diharapkan bisa menjadi pengganti cantrang yang sekarang terus disosialisasikan untuk dilarang penggunaannya oleh pemerintah.

Hatta mengatakan dengan keikutsertaan UPP Iptekin Bappeda Jateng dalam Pameran Ritech Expo ini, selain mengenalkan produk dan temuan dari inovator juga bertujuan menggelorakan serta menumbuhkembangkan inovasi dan budaya iptek pada masyarakat Indonesia. "Yang dipamerkan ini merupakan sebagian produk unggulan, sebenarnya kan ya banyak sekali produk unggulan dan inovasi dari Jawa Tengah. Diharapkan kegiatan ini juga bisa menggelorakan semua pihak untuk terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi secara tepat guna," ujarnya, Jumat (11/8).

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Dengan tema "Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan", kegiatan yang dipusatkan di Center Point of Indonesia, Kota Makassar juga dihadiri oleh mantan Presiden B.J. Habibie, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan tentunya Menteri Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M. Nasir.

Selain itu juga dihadiri beberapa anggota DPR dan DPD RI, Gubernur Sulawesi Selatan Yasin Limpo, jajaran Kepala Lembaga Pemerintah Nonkementerian (LPNK), serta beberapa tamu undangan dari pemerintah daerah, civitas akademika, lembaga litbang, pelaku usaha, pemerhati iptek, dan mahasiswa.

Delegasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang hadir dan mengikuti pameran dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah Sudjarwanto Dwiatmoko sekaligus mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

(PU)
  1. Inovasi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA