1. JAWA TENGAH
  2. MAKRO

Festival lari tandu Jenderal Soedirman pecahkan rekor Muri

"Kami juga mengusulkan agar HUT TNI bisa dipusatkan di MTL (Monumen Tempat Lahir) Jenderal Soedirman."

Peserta Lari Tandu Purbalingga.. ©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Rabu, 25 Januari 2017 20:20

Merdeka.com, Jawa Tengah - Sebanyak 1.040 peserta lomba lari yang membawa 260 tandu berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri). Balap lari tandu ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Jenderal Sudirman, yang diikuti oleh seluruh desa dan kelurahan se kabupaten Purbalingga, Rabu (25/1).

Deputi Manager Muri, Ariani Sireger, mengatakan rekor yang diciptakan kali ini tercatat sebagai Rekor ke 7801 dan lari tandu 5 kilometer yang belum pernah dilakukan.

"Rekor Muri yang diraih kali ini diharapkan menjadi semangat juang bagi bangsa dan negara Indonesia," kata Ariani.

Selama perlombaan, empat orang berlari menempuh jarak 5 kilometer sembari menggotong tandu. Beberapa peserta bahkan membawa seseorang di dalam tandu sehingga nampak layaknya Jenderal Soedirman ketika berperang.

Start lomba dilakukan di Dusun Bantar Benda, Desa Grantung, Kecamatan Karangmoncol dan finish di halaman Monumen Tempat Lahir (MTL) Jenderal Soedirman.

Selain pemecahan rekor Muri untuk lomba lari tandu, Purbalingga mendapatkan penghargaan Rekor untuk Pemugaran RTLH terbanyak yakni sebanyak 2.150 rumah.

"Pemugaran RTLH ini tercacat sebagai Rekor Muri ke 7.802," ujar Ariani.

Bupati Purbalingga, Tasdi mengatakan, pemecahan rekor ini bukanlah tujuan utama. Melainkan untuk mengajak masyarakat menjiwai nilai-nilai perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman.

"Sebagai bangsa yang besar tidak boleh meninggalkan sejarah. Orang Purbalingga harus bangga karena di tanahnya telah lahir seorang Panglima Besar. Masyarakat juga harus terus meneladani semangat jiwa patriotisme, meski Jenderal Soedirman sakit, dia masih bisa memimpin gerilya. Sakit raganya, tapi tidak sakit jiwanya," kata Tasdi

Tasdi menambahkan, ke depannya Monumen Tempat Lahir (MTL) Jenderal Soedirman ini akan dibangun oleh Kemenhan RI. Selain itu, agenda Festival Jenderal Soedirman bakal dijadikan salah satu agenda nasional.

"Kami juga mengusulkan agar HUT TNI bisa dipusatkan di MTL, Sehingga nanti lapangan MTL dipersiapkan menjadi Alun-alun kecil," kata dia.

(I)
  1. Ekbis
  2. Purbalingga
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA