1. JAWA TENGAH
  2. MAKRO

Butuh informasi jalur mudik tol Solo-Ngawi? Hubungi call center ini

"Informasi tentang jalur alternatif mudik Tol Solo-Ngawi juga bisa menghubungi call center PT SNJ dengan nomor 081-330-550-900,"

©2016 Merdeka.com Editor : Puji Utami | Minggu, 18 Juni 2017 13:25

Merdeka.com, Jawa Tengah - Dari total panjang ruas tol Solo-Ngawi yang mencapai 90 Kilometer (Km), sepanjang 65 Km di antaranya dibuka sebagai jalur mudik alternatif Lebaran mulai 19 Juni nanti. Jalan yang membentang dari entrance tol Ngasem (Colomadu, Karanganyar) hingga exit tol Widodaren (Ngawi, Jawa Timur) itu dibuka satu arah, baik saat mudik maupun arus balik.

Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), David Wijayatno mengatakan, berdasarkan estimasi, dibukanya Tol Solo- Kertosono (Soker) sebagai jalur alternatif mudik dapat memangkas waktu tempuh hingga 50 persen dari Kartasura ke Ngawi. Dari yang biasanya memakan waktu tiga jam, melalui ruas tol Ngasem-Widodaren itu bisa ditempuh hanya dalam waktu 1,5 jam. Pihaknya memprediksi sebanyak 8.000-10.000 kendaraan roda empat bakal melintas tiap harinya.

"Kalau tahun lalu rata-rata maksimal 4.000 kendaraan per hari. Itu pun yang dibuka melalui Klodran. Kalau sekarang mudah dijangkau. Yang dari arah Semarang ke Jawa Timur bisa langsung ke Ngasem. Kami perkirakan bisa mencapai 8.000 sampai 10.000 per hari, dari daya tampung 15.000 kendaraan," kata dia, kemarin.

Meski hanya dibuka mulai pukul 06.00- 17.00 WIB, PT SNJ selaku pengelola tol telah menyiapkan sarana pelayanan layaknya fungsi jalan bebas hambatan. Bagi pengguna jalan yang kelelahan disediakan rest area di Km 12, Km 21, Km 29, Km 46, dan Km 55. Selain itu, disiagakan petugas patroli, kendaraan derek, hingga ambulans.

"Di sepanjang jalur 65 Km ini kami menyiapkan 5 rest area untuk istirahat yang dilengkapi mushola dan toilet. Khusus di rest area Km 21 ada kios BBM Pertamina. Nanti juga ada petugas kami yang akan patroli membawa BBM kemasan, termasuk 3 mobil derek yang standby, siap mengantar gratis kendaraan mogok sampai ke bengkel terdekat," ujar David.

Untuk memantau situasi lalu lintas pengguna jalan, pihaknya memasang 4 kamera pengawas (CCTV) yang dapat diakses dari ponsel secara real time di Ngasem, Pandeyan, Widodaren, dan Gendingan. Sedangkan manajemen lalu lintas PT SNJ berkoordinasi dengan Polda Jateng dan Jatim, termasuk lintas polres, Polres Boyolali, Karanganyar, Sukoharjo, Sragen, dan Polres Ngawi.

"Untuk penyediaan ambulans kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Surakarta dan Rumah Sakit At Tin Ngawi. Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi tentang jalur alternatif mudik Tol Solo-Ngawi juga bisa menghubungi call center PT SNJ dengan nomor 081-330-550-900," sebut David kepada wartawan saat meninjau Tol Soker.

(PU) Laporan: Aditya Putra Wijaya
  1. Mudik Lebaran
  2. Jalan Tol
  3. Jalur Mudik 2017
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA