1. JAWA TENGAH
  2. MAKRO

Bakal meluncur, kereta api premium Cilacap - Yogyakarta

"Dijadwal ulang sampai ada kabar dari kantor pusat. Sejauh ini belum ada kabar lagi."

Ilustrasi.. ©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Kamis, 10 Agustus 2017 13:25

Merdeka.com, Jawa Tengah - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto bakal mengoperasikan kereta api Premium rute Cilacap - Yogyakarta dan sebaliknya. Rencananya, kereta tersebut akan diluncurkan setelah Hari Raya Idul Adha.

Manajer Humas KAI Daop V, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, sebelumnya KA Premium tersebut bakal diluncurkan pada 1 September 2017. Namun, karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, rencana peluncurannya harus ditunda.

"Dijadwal ulang sampai ada kabar dari kantor pusat. Sejauh ini belum ada kabar lagi," ujarnya, Kamis (10/8).

Dia mengatakan sebagai informasi awal dalam satu hari akan ada empat perjalanan KA Premium yang terdiri atas dua KA relasi Cilacap - Yogyakarta dan dua KA relasi Yogyakarta - Cilacap.

KA 10368 Premium 1 relasi Cilacap - Yogyakarta direncanakan diberangkatkan dari Cilacap pada pukul 05.15 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 08.50 WIB, dengan stasiun pemberhentian Maos, Kroya, Kemranjen, Gombong, Karanganyar, Kebumen, Wonosari, Butuh, Kutoarjo serta Wates.

Untuk KA 10331 Premium 2, relasi Yogyakarta - Cilacap diberangkatkan dari Yogyakarta pada pukul 09.30 WIB dan tiba di Cilacap pukul 13.30 WIB, dengan stasiun pemberhentian di Wates, Kutoarjo, Kebumen, Karanganyar, Gombong, Tambak, Sumpiuh, Kemranjen, Kroya serta Stasiun Maos.

KA 10370 Premium 3 relasi Cilacap - Yogyakarta diberangkatkan dari Cilacap pada pukul 14.50 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 18.36 WIB dengan stasiun-stasiun pemberhentian Maos, Kroya, Karanganyar, Sruweng, Kebumen, Wonosari, serta Kutoarjo.

Sedangkan untuk KA 10333 Premium 4 relasi Yogyakarta - Cilacap diberangkatkan dari Yogyakarta pada pukul 19.15 WIB dan tiba di Cilacap pukul 22.30 WIB, dengan stasiun-stasiun pemberhentian Wates, Kutoarjo, Kebumen, Karanganyar, Gombong, Sumpiuh, Kroya, serta Maos.

"Untuk informasi nama kereta memang belum ada. Tetapi sejumlah nama sudah diusulkan contohnya Nusakambangan," kata dia.

Dia berharap, diluncurkannya KA Premium rute Cilacap - Yogyakarta PP ini dapat membantu melayani kebutuhan transportasi masyarakat. Pasalnya, rute ini sempat dihentikan beberapa waktu lalu.

Selain itu, kata dia, KA premium yang akan diluncurkan diharapkan dapat terintegrasi dengan kereta api baru yang akan segera dioperasikan, di antaranya KA Sancaka Utara rute Yogyakarta - Gambrengan - Pasar Turi Surabaya PP, dan KA Joglosemar rute Yogyakarta - Solo - Semarang PP.

(I)
  1. Kereta Api
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA