1. JAWA TENGAH
  2. MAKRO

Ayo kawal tahapan Pemilu

""Rakyat dan stakeholder pemilu harus cermat menelaah ..."

Ilustrasi. ©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Rabu, 11 Oktober 2017 09:51

Merdeka.com, Jawa Tengah - Masyarakat dan akademisi diminta untuk mengawal tahapan Pemilu 2019 dan Pemilihan Gubernur 2018. Partisipasi tersebut bertujuan untuk mengawal pelayanan Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta pengawasan yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Pendiri Jaringan Advokasi Hukum dan Pemilu Jateng, Teguh Purnomo mengatakan tujuan pengawasan tersebut untuk memastikan UU No. 7 Tahun 2017 berjalan dengan baik dan benar.

"Rakyat dan stakeholder pemilu harus cermat menelaah apakah pelayanan KPU dan pengawasan Bawaslu ini sudah dilaksanakan sesuai UU No.7 2017 dan regulasi-regulasi turunannya dalam tahapan pendaftaran parpol," ujarnya, ketika dihubungi, Rabu (11/10).

Teguh menegaskan hal tersebut perlu diingatkan karena adanya masalah teknis dalam Sistem Informasi Politik (Sipol). "Ini perlu dicermati, dan perlu diingatkan kepada jajaran KPU untuk dapat menjelaskan secara rinci bagaimana prosedur dan tata cara pendaftaran, penelitian administrasi, dan verifikasi faktual parpol, serta seluk beluk Sipol kepada para pemangku kepentingan pemilu, terutama Bawaslu dan partai politik," jelasnya.

Dia berharap agar ketiga pihak yakni KPU, Bawaslu, dan partai politik punya pemahaman yang sama, meminimalisasi perbedaan pendapat, sehingga tahapan pemilu bisa berjalan dengan mulus. "Semoga dengan adanya pengawasan tersebut akan tercipta demokrasi yang harmonis melalui pemilu yang berkualitas dan berintegritas," ucap Teguh.

(I) Laporan: Dian Ade Permana
  1. Pemilu
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA