1. JAWA TENGAH
  2. MAKRO

Minat baca tinggi, pembeli komik mendominasi

"Namun yang paling banyak pembelinya adalah buku komik, selanjutnya buku-buku yang berisi motivasi kehidupan," jelas Rahman, penjaga stand buku.

Pameran buku murah di halaman Wonderia, Semarang. ©2017 Merdeka.com Editor : Puji Utami | Senin, 16 Januari 2017 20:13

Merdeka.com, Jawa Tengah - Minat baca masyarakat Semarang terhitung tinggi. Menurut Rahman, dari Yusuf Agency Jogja, selama mengadakan pameran di beberapa kota di Jawa Tengah, pembelian di Semarang yang paling tinggi.

Seperti halnya saat ia mengikuti pameran buku murah di Semarang kali ini. Rahman mengatakan, selama berjualan di pameran buku di halaman Wonderia selama kurang lebih satu bulan, per hari dia mampu menjual hingga 500 buku. "Kalau di kota lain, maksimal sekitar 200 buku," jelasnya, Senin (16/1).

Bahkan, hujan yang mengguyur Semarang pun tak menghalangi niat para pembeli buku untuk mendatangi stand yang dikelola Yusuf Agency.

Menurut Rahman, selera pembeli pun variatif. Mulai dari buku sastra, agama, kuliner, biografi, hingga komik memiliki segmen sendiri-sendiri. "Namun yang paling banyak pembelinya adalah buku komik, selanjutnya buku-buku yang berisi motivasi kehidupan," jelas Rahman.

Harga buku di pameran ini mulai Rp 5.000, Rp 10.000, dan hingga yang termahal Rp 400.000. "Untuk keuntungan belum dihitung karena pameran belum berakhir," katanya.

Sementara Dewi, mahasiswi Universitas Diponegoro mengatakan lebih memilih membeli buku di pameran daripada di toko. Alasannya, di pameran harga lebih murah. "Selain itu juga banyak pilihan dan kalau beruntung bisa mendapat buku lama yang tidak terpikir terbeli. Ketika lihat, langsung bayar saja," jelas penikmat buku sastra ini.

Pameran buku murah ini akan berlangsung hingga 22 Januari mendatang. 

(PU)
  1. Pameran Buku
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA