1. JAWA TENGAH
  2. KULINER

Kini, PKL Simpang Lima terima pembayaran non tunai

"Yang hadir di Simpang Lima, Taman KB, PKL Matahari itu mayoritas menengah ke atas, jadi cenderung mereka pasti punya ATM,"

Pemasangan mesin pembayaran non tunai di PKL Simpang Lima Semarang. ©2016 Merdeka.com Editor : Puji Utami | Rabu, 11 Oktober 2017 13:02

Merdeka.com, Jawa Tengah - Untuk memudahkan masyarakat serta langkah menuju smart city, mulai saat ini masyarakat yang melakukan pembelian di PKL kawasan Simpang Lima tidak perlu lagi membawa uang cash. Sebab di sentra kuliner Kota Semarang itu telah disediakan Electronic Data Capture (EDC) untuk pembayaran non tunai.

Sebanyak 46 alat EDC telah dipasang oleh Dinas Perdagangan Kota Semarang bekerjasama dengan BNI 46 di lapak pedagang makanan yang tersebar di kawasan Simpang Lima dan Taman Menteri Supeno atau Taman KB.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto menyebutkan, menurutnya sebagian besar pembeli yang datang di pusat jajanan di jantung Kota Semarang tersebut berasal dari menengah ke atas, sehingga memungkinkan melakukan transaksi non tunai.

"Yang hadir di Simpang Lima, Taman KB, PKL Matahari itu mayoritas menengah ke atas, jadi cenderung mereka pasti punya ATM," sebut Fajar, saat melakukan pemasangan alat EDC di kawasan Simpang Lima, Selasa (10/10) malam.

Dari 46 alat yang telah terpasang tersebut, lanjut Fajar, sebanyak 30 alat tersebar di PKL kawasan Simpang Lima dan 16 lainnya di PKL Taman KB. Sementara, 80 PKL di kawasan Simpang Lima juga telah menyatakan kesediaannya dipasang alat tersebut.

"Kita coba dulu dua tempat, nanti akan berkembang. Target kita ada sampai dua ratus sampai empat ratus alat EDC ini yang dipasang di masing-masing PKL, ini akan kita beri satu-satu," tuturnya

Ia menargetkan, di bulan Oktober ini seluruh PKL yang telah menyatakan kesediaan untuk dipasang mesin EDC akan dapat terpasang. "Kita memang pengen mengubah mindset temen-temen PKL ini, karena sudah saya prediksi sepuluh tahun ke depan jarang ada orang yang bawa uang cash," ucapnya.

Salah seorang pedagang, Sugeng mengaku akan terbantu dengan pemasangan alat EDC ini. Menurutnya, saat ini semakin banyak pembeli yang lebih memilih melakukan pembayaran secara non tunai.

"Kami menyambut baik pastinya, selain punya rekening mandiri, kadang juga ada yang tanya, bisa non tunai apa tidak," sebutnya.

(PU) Laporan: Jamal Abdun Nashr
  1. kuliner semarang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA