1. JAWA TENGAH
  2. INFRASTRUKTUR

Tinjomoyo bakal dibangkitkan kembali

" ... selanjutnya ada beberapa ide yang akan kita realisasi di sana seperti menyediakan ratusan hammock, outdoor trampoline..."

Jembatan Tinjomoyo.. ©2017 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Senin, 23 Oktober 2017 12:44

Merdeka.com, Jawa Tengah - Pemerintah Kota (Pemkot) kembali menunjukkan keseriusannya dalam menggarap potensi pariwisata di Kota Semarang, kali ini Tinjomoyo jadi sasarannya.

Setelah sebelumnya menginisiasi Kampung Tematik, Kampung Pelangi, Pembibitan Ikan di Selokan, serta meluncurkan Bus Tingkat Wisata, kali ini giliran Hutan Wisata Tinjomoyo akan dihidupkan kembali.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyebutkan, beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan koordinasi khusus, untuk mengaktifkan kembali Hutan Wisata Tinjomoyo seluas 57,5 hektar tersebut, sebagai kawasan rekreasi terpadu.

"Kita sudah mulai dengan membangun jembatan menuju ke sana menjadi lebih menarik sehingga bisa untuk foto-foto, selanjutnya ada beberapa ide yang akan kita realisasi di sana seperti menyediakan ratusan hammock, outdoor trampoline, dan beberapa event musik juga kita siapkan untuk menarik minat masyarakat di sana," sebut Hendi, sapaannya, Senin (23/10).

Sebelumnya, kawasan ini memang terkesan terbengkalai setelah sebelumnya digunakan sebagai kebun binatang dan dipindahkan di daerah Mangkang pada 2006 lalu.

"Dalam rangka mengaktivasi kawasan, saya rasa adanya sebuah kegiatan yang dilakukan rutin menjadi syarat mutlak, maka dari itu kita juga akan lakukan komunikasi ke beberapa komunitas untuk mau membangun bersama kawasan Tinjomoyo ini," ujarnya.

Senada, Kepala Bidang Industri Pariwsata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Samsul Bahri Siregar menyebutkan, upaya mengaktifkan kembali kawasan Hutan Wisata Tinjomoyo merupakan bagian dari Outstanding Semarang.

"Beberapa waktu yang lalu dalam rapat koordinasi bulanan, pak Wali Kota mencetuskan gagasan Outstanding Semarang yang salah satunya dengan mendorong kawasan Tinjomoyo sebagai pusat rekreasi terpadu untuk bisa menarik wisatawan dalam negeri dan mancanegara untuk datang ke Kota Semarang," tuturnya.

Untuk menyukseskan program tersebut, pihaknya mengaku akan memanfaatkan anggaran perubahan yang berada di kewenangannya.

"Tapi sesuai pengarahan pak Wali di rapat koordinasi kemarin, ini akan dikeroyok bareng-bareng, bukan hanya disbudpar, tetapi juga PU, Pertanian, Tata Ruang, dan lainnya," tambahnya.

(I) Laporan: Jamal Abdun Nashr
  1. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA