1. JAWA TENGAH
  2. INFRASTRUKTUR

Jokowi pun hadir untuk melihat proyek kecil di Temanggung

Salah satunya jembatan ini, meski tergolong cukup kecil, namun memiliki peran yang sangat vital bagi sendi kehidupan masyarakat.

Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek infrastruktur di Kabupaten Temanggung, Sabtu (17/6). ©2016 Merdeka.com Editor : Puji Utami | Sabtu, 17 Juni 2017 19:01

Merdeka.com, Jawa Tengah - Setelah sempat tertunda beberapa kali, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi akhirnya datang untuk meresmikan sekaligus meninjau secara langsung beberapa proyek infrastruktur strategis di Kabupaten Temanggung, Sabtu (17/6).

Proyek tersebut di antaranya adalah Jembatan Gantung Kali Galeh di Kecamatan Parakan, Jembatan Gantung Soropadan (Pringsurat), serta Rusunawa di Kelurahan Parakan Wetan (Parakan).

Dalam sambutannya saat berada di Jembatan Gantung Kali Galeh yang menghubungkan antara dua desa di Kecamatan Bulu dan Parakan tersebut mengaku, presiden tidak harus hadir hanya dalam proyek-proyek pekerjaan besar.

Salah satunya jembatan ini, meski tergolong cukup kecil, namun memiliki peran yang sangat vital bagi sendi kehidupan masyarakat. Antara lain kecepatan mobilitas warga di sebuah wilayah, mobilitas barang, hingga logistik.

Menurutnya, di era saat ini prinsip negara besar mengalahkan negara kecil tidak lagi berlaku. Namun diganti dengan negara yang cepat mengalahkan negara yang lambat.

“Meski kecil, namun jembatan ini memiliki fungsi besar bagi masyarakat karena bisa menghubungkan antar kecamatan atau antar desa. Bahkan, masih ada puluhan ribu desa lain yang telah mengajukan pembangunan jembatan gantung serupa,” jelasnya.

Terkait berbagai proyek di Kabupaten Temanggung yang telah selesai atau masih dalam tahap pembangunan, Jokowi menyebut bahwa semua itu tidak lepas dari peran Bupati Bambang Sukarno yang ia sebut jago dalam ndusel-ndusel (merayu-red). Baik itu kepada gubernur, menteri, sampai presiden.

Namun demikian, ia justru memberikan apresiasi tinggi atas kemampuan Bupati Temanggung tersebut. Pasalnya, kalau tidak seperti itu, kemungkinan banyak proyek tidak didapatkan.

“Belum sampai saya lihat permohonan dan menyetujui, Pak Bambang ini langsung bilang. Pak Jokowi, setuju ya Pak,” bocornya sembari tersenyum lebar di hadapan ribuan warga yang berantusias hadir.

Sementara itu, Bupati Temanggung, Bambang Sukarno menjelaskan, pihaknya saat ini telah dan tengah serius merampungkan berbagai proyek strategis bagi masyarakat luas. Antara lain rusunawa, gedung rawat inap RSUD lantai tujuh, dan beberapa bendungan.

Selain itu, Pemkab Temanggung juga berupaya membangun sektor pertanian dan perkebunan. Seperti memenuhi target menopang 30 persen kebutuhan bawang putih nasional hingga mengembangkan tanaman vanili.

“Kalau perlu mumpung Pak Presiden Jokowi hadir ke Temanggung, bisa membantu memperbanyak pembangunan. Contoh saja sekarang kami punya 4 gedung rusunawa. Kalau berkenan minta 3 sampai 5 lagi juga boleh. Selain itu kami juga menyampaikan harapan agar Bapak bisa ikut membantu mengurangi masuknya tembakau impor,” pintanya. 

(PU) Laporan: Rizal Ifan Chanaris
  1. Presiden Jokowi
  2. Temanggung
  3. Pembangunan Jembatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA