1. JAWA TENGAH
  2. INFRASTRUKTUR

Ini kata pemudik pertama yang melintasi Tol fungsional Solo - Ngawi

"Saya sudah disini sejak jam 09.00 tadi. Tapi kata petugasnya masih tutup, dibuka jam 10.00 nanti."

Pengemudi perdana yang melintasi Tol Solo - Ngawi.. ©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Senin, 19 Juni 2017 12:46

Merdeka.com, Jawa Tengah - Sebanyak 14 kendaraan roda empat menjadi rombongan pertama yang mencicipi Tol Solo - Kertosono (Soker) tepatnya di ruas Solo - Ngawi, Senin (19/6) pagi. Mereka antre melintasi jalan tol yang dibuka sementara untuk jalur alternatif mudik 2017 itu melalui gerbang tol Ngasem.

Yanuar Hassan salah satunya. Pemudik asal Jakarta yang hendak pulang kampung ke Malang ini mengaku sengaja melewati Tol Soker lantaran ingin menyingkat waktu. Bahkan dia sudah tiba di gerbang tol yang terletak di tepi Jalan Raya Semarang - Solo itu sejak pukul 09.00 WIB.

"Saya sudah disini sejak jam 09.00 tadi. Tapi kata petugasnya masih tutup, dibuka jam 10.00 nanti. Ya sudah saya tunggu. Karena informasinya jarak Solo - Ngawi bisa ditempuh sekitar 35 kilometer. Ya harapannya kalau lancar bisa setengah jam," kata Yanuar, pemudik yang tiba di pintu tol Ngasem pertama kali, Senin (19/6).

Dari pantauan, water barrier yang sebelumnya terpasang menutup gerbang pintu tol Ngasem di Colomadu, Karanganyar itu dibuka pukul 10.00 WIB. Alhasil satu per satu kendaraan roda pemudik mulai antre di depan gapura.

Selang setengah jam, belasan kendaraan pemudik itu mulai berangkat dengan dipandu dua mobil patroli pengawalan (patwal) milik Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng dan Polres Karanganyar.

Selaku pengelola tol, Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), David Wijayatno mengatakan, jalur fungsional tol Solo - Ngawi yang membentang dari entrance tol Ngasem hingga exit tol Widodaren (Ngawi, Jawa Timur) dibuka mulai pukul 06.00 - 17.00 WIB. Untuk arus mudik dibuka mulai Senin 19 Juni hingga Senin 26 Juni, sedangkan arus balik mulai Selasa 27 Juni hingga Minggu 2 Juli.

"Baik arus mudik atau balik dibuka satu arah. Kalau tahun lalu masuknya pemudik hanya melalui Klodran, sekarang yang dari arah Semarang bisa langsung ke Ngasem. Sedangkan yang dari arah Jogja memutar ke Colomadu, melewati bandara (Adi Soemarmo), baru masuk ke Klodran," kata dia.

(I) Laporan: Aditya Putra Wijaya
  1. Jalan Tol
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA