1. JAWA TENGAH
  2. INFRASTRUKTUR

Perbaiki jalan, tahun ini Pemkab Klaten anggarkan Rp 118 miliar

"Jika tidak ada kendala, proses lelang tahap pertama dijadwalkan April nanti."

©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Jum'at, 17 Februari 2017 18:35

Merdeka.com, Jawa Tengah - Pemerintah Kabupaten Klaten merencanakan memperbaiki 60 kilometer ruas jalan pada tahun ini.

Perbaikan peningkatan kelas jalan, baik betonisasi maupun aspal ulang akan dilakukan secara bertahap. Pasalnya, hampir 50 persen dari ratusan kilometer ruas jalan kabupaten di wilayah Klaten mengalami kerusakan.

Kepala Seksi (Kasi) Evaluasi Dan Perencanaan Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Klaten, Satya Wijaya mengatakan, berdasarkan data, jalan yang rusak mencapai 336,71 kilometer atau 43,75 persen dari total panjang jalan kabupaten di Klaten sepanjang 769,63 kilometer.

Dari jumlah kerusakan itu, sepanjang 82,173 kilometer mengalami kerusakan parah berupa pengelupasan lapisan aspal dan jalan berlubang. Sedangkan 190,94 kilometer mengalami kerusakan sedang berupa jalan bergelombang. Sementara untuk kerusakan ringan berupa pengelupasan hingga retakan pada lapisan permukaan jalan mencapai 63,494 kilometer.

"Jika tidak ada kendala, proses lelang tahap pertama dijadwalkan April nanti. Saat ini masih dilakukan survei. Pasalnya perbaikan di setiap ruas jalan berbeda. Ada yang betonisasi, ada juga yang di aspal. Tergantung beban lalu lintas," kata Satya, Jumat (17/2).

Berdasarkan survei, lanjut dia, kerusakan jalan tersebut tersebar hampir di tiap kecamatan yang ada di Klaten. Kerusakan terparah berada di lereng Merapi, meliputi Kecamatan Kemalang, Manisrenggo, dan Karangnongko, disusul ruas jalan Kecamatan Cawas.

"Kalau di Kecamatan Cawas itu struktur tanahnya labil sehingga kontruksinya (jalan) sering bergeser. Sedangkan di lereng Merapi karena tingginya lalu lintas truk galian C," ujarnya.

Disinggung soal alokasi anggaran yang dikucurkan, kata dia, perbaikan peningkatan jalan tahun ini sekitar Rp 118 miliar. Sedangkan pemeliharaan rutin sekitar Rp 14 miliar bersumber dari APBD Klaten 2017.

“Perbaikan menunggu lelang selesai. Untuk kerusakan rutin memakai anggaran pemeliharaan rutin. Namun ada juga yang dimasukkan ke peningkatan jalan karena dalam satu ruas kerusakannya bervariasi. Tapi prinsipnya tidak boleh dianggarkan ganda," kata Satya.

(I)
  1. Perbaikan jalan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA