1. JAWA TENGAH
  2. INFRASTRUKTUR

Fantastis, ini total dana perbaikan Kota Lama Semarang

"Yang mau berlibur tidak usah ke Eropa, cukup datang ke Kawasan Kota Lama Semarang."

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi bersama Wakil Walikota mabk Ita dalam acara satu tahun kepemimpinan mereka di Kota Semarang, Jumat (17/2).. ©2016 Merdeka.com Editor : Ibrahim | Jum'at, 17 Februari 2017 19:08

Merdeka.com, Jawa Tengah - Pemerintah mengucurkan dana sebanyak Rp 45 miliar untuk merevitalisasi Kota Lama Semarang. Total dana tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebanyak Rp 40 miliar dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebanyak Rp 5 miliar.

Wakil Wali Kota Semarang sekaligus Ketua Badan Pengelolaan Kawasan Kota Lama Semarang (BP2KL), Hevearita Gunaryati Rahayu mengungkapkan, Pemerintah telah menyiapkan Detail Engineering Design (DED) Kola Lama.

"Alhamdulillah kami akan menerima bantuan keuangan sekitar Rp 40 miliar karena yang membuat DED Kota Lama ini adalah Kementerian PUPR, kemudian yang provinsi Rp 5 miliar," ungkap wanita yang akrab disapa mbak Ita tersebut di sela perayaan setahun kepemimpan bersama Hendrar Prihadi, Jumat (17/2).

Kawasan kota lama tersebut akan diperbaiki insfrastruktur baik saluran air maupun jalan tanpa merusak keaslian bangunan-bangunan peninggalan kolonial yang ada.

"Dalam DED itu sudah ada semuanya, jadi fokusnya adalah insfrastruktur, jalan, drainase, furniture," paparnya.

Ia mengungkapkan, sebenarnya dibutuhkan dana sebanyak 66 miliar untuk merevitalisasi Kota Lama ini, namun karena pembangunannya bertahap dan tidak akan selesai pada tahun ini, maka dinggarkan sebanyak Rp 45 miliar untuk tahun ini.

"Sebenarnya Rp 66 miliar, tetapi karena pembangunan fisik jadi bertahap panjang, untuk tahun ini Rp 45 miliar," ujarnya.

Selanjutnya Ia mengajak kepada masyarkat Kota Semarang untuk berbangga karena memiliki Little Netherland di tengah kotanya dan tidak usah berlibur keluar negeri kalau hanya untuk melihat bangunan bergaya Eropa.

"Yang mau berlibur tidak usah ke Eropa, cukup datang ke Kawasan Kota Lama Semarang," tambahnya.

(I)
  1. Kota Lama Semarang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA